Aplikasi Pembelajaran Perang Padri dengan Microsoft XBOX Kinect Sebagai Kontrolnya

Authors

  • Azka Ramadhona Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Silvana Rasio Henim Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pengenalan dan pemahaman sejarah yang benar berperan penting dalam pembentukan karakter berbangsa, khususnya sejarah Perang Padri yang menceritakan perselisihan diantara dua kaum, dan kemudian bersatu kembali untuk membela tanah air dari bangsa penjajah. Kemajuan teknologi pada saat ini dapat menjadikan pelajaran sejarah menarik untuk dipelajari oleh murid-murid kelas V SD. Salah satu media pembelajaran dapat diterapkan dengan aplikasi pembelajaran perang Padri. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sejarah yang interaktif bagi murid kelas V SD. Pada aplikasi ini, pelajaran perang Padri dijelaskan dalam bentuk video animasi 3D dan terdapat soal-soal untuk menguji kemampuan user. Hasil pengujian aplikasi yang dilakukan dengan kuisioner pada lima orang responden guru, didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat menjadi alternatif bagi murid kelas V SD dan juga dinyatakan sebagai aplikasi yang interaktif. (didapatkan hasil)Dapat dilihat dari indikator penilaian pada aspek materi 80%, aspek umum 72.5%, kualitas tampilan 78.9%, penyajian materi 75%, dan interaksi pengguna 84%. Pada responden murid, aspek desain visual pembelajaran perang padri bernilai 79.3%. Sehingga, penyajian materi dalam bentuk video animasi 3D ini dapat meningkatkan minat murid untuk mempelajari sejarah. Kata kunci: Sejarah, Perang Padri, Kinect, animasi 3

Author Biographies

Azka Ramadhona, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Silvana Rasio Henim, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Astuti, Palupi Panca. (2010). Jejak Sejarah Masih Terbelenggu. Diambil pada tanggal 6 Januari 2014 dari http://edukasi.kompas.com/read/2010 /07/09/05473188/Jejak.Sejarah.Masi h.Terbelenggu [2] Haryanto. (2012). Pengertian Media Pembelajaran. Diambil pada tanggal 3 Januari 2014 dari http://belajarpsikologi.com/pengertia n-media-pembelajaran/ [3] Zuber, Ahmad, & Hakim, Lukman. 2012. Aktif Belajar IPS Untuk Kelas V SD dan MI. Solo : Platinum

Lestari, Dewi. Definisi Game. Diambil pada tanggal 3 Januari 2014 dari http://www.ummi.ac.id/ti/konvert_pd f.php?kode=VGxFOVBRPT0= [5] Blain, J.M. (2011). An introduction to BLENDER 3D a book for beginners. Europe : Blender Foundation

Wiranda, Nuruddin. 2012. Implementasi Kinect pada Penerjemah Bahasa Isyarat. Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta. Tidak dipublikasikan. [7] Djaelani, Abdul Qadir. (1999). Perang Sabil versus Perang Salib. Jakarta : Yayasan Pengkajian Islam Madinah Al-Munawwarah. [8] Mirnawati. (2013). Kumpulan Pahlawan Indonesia Terlengkap. Jakarta : CIF (Penebar Swadaya Group).

Rizkiayana, Afidian. (2013). Skala Likert Sebagai Teknik Evaluasi. Diakses tanggal 22 Januair dari http://www.academia.edu/7233329/Ska la_Likert/

Published

2017-02-01

Issue

Section

Artikel