Rancang Bangun Sistem Keamanan Pintu Untuk Deteksi Pembobolan Menggunakan Raspberry Pi Dengan Kontrol Via Android

Authors

  • Jefry Jefry Politeknik Caltex Riau
  • Sugeng Purwantoro Politeknik Caltex Riau
  • Rahmat Suhatman Politeknik Caltex Riau

Abstract

Salah satu tujuan penggunaan teknologi dalam pembuatan pintu adalah untuk meningkatkan keamanan suatu bangunan. Sistem keamanan pintu yang telah dibangun untuk mendeteksi pembobolan masih memerlukan pengguna untuk melakukan kontrol secara on-site. Selain itu, pengguna tidak dapat memantau kondisi rumah secara visual dan jarak jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah sistem keamanan pintu untuk mendeteksi pembobolan menggunakan Raspberry Pi dengan kontrol Android untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sensor secara off-site. Jika terdeteksi adanya pembobolan pintu, sistem akan memberikan pemberitahuan yang dapat berupa pesan Short Message Service (SMS) ke pengguna, merekam peristiwa pembobolan ke dalam bentuk video yang kemudian dapat ditampilkan menggunakan halaman web atau melakukan live streaming sebagai bentuk pemantauan jarak jauh secara langsung melalui halaman web. Berdasarkan data hasil pengujian diketahui bahwa sistem keamanan pintu ini dapat dikontrol secara off-site oleh pengguna tunggal maupun multiuser menggunakan aplikasi Android dengan tingkat keberhasilan 98%. Jika terdeteksi adanya pembobolan, sistem keamanan pintu ini dapat mengirimkan SMS peringatan ke semua nomor handphone yang terdaftar pada sistem, merekam video peristiwa kejadian dan pengguna dapat melakukan live streaming melalui web dengan tingkat keberhasilan masing-masing sebesar 100%.

Author Biographies

Jefry Jefry, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Sugeng Purwantoro, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Rahmat Suhatman, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

] Lengkawa, Hipraliyanti Siti Asiah. (2014). Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Rumah dengan Menggunakan Raspberry Pi. Universitas Gunadarma.

Riyadi, Slamet. (2013). Sistem Pengendalian Keamanan Pintu Rumah Berbasis SMS (Short Message Service) Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA 8535.

Rahajoeningroem, Tri. (2013). Sistem Keamanan Rumah dengan Monitoring Menggunakan Jaringan Telepon Selular. Universitas Komputer Indonesia.

Prawiroredjo, Kiki dan Junanto, Beno Adi Nugraha. (2012). Sistem Keamanan Mobil Berbasis Mikrokontroler dengan Fasilitias Short Messages Service. Fakultas Teknik Unika Atma Jaya.

Raspberry Pi Foundation. (t.t). What Is A Raspberry Pi?.Diambil 15 November 2014 dari http://www.raspberrypi.org/help/what-is-a-raspberry-pi/

Lee, Wei Meng. (2012). Beginning Androidâ„¢ 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Johnson, Bernadette. (t.t). How the Raspberry Pi Works.Diambil 16 November 2014 dari http://computer.howstuffworks.com/raspber ry-pi2.htm.

] JISC Digital Media. (t.t). Introduction to Digital Video. Diambil 18 November 2014 dari http://www.jiscdigitalmedia.ac.uk/guide/in troduction-to-digital-video.

Adafruit. (t.t). Magnetic contact switch (door sensor). Diambil 18 November 2014 dari http://www.adafruit.com/product/375.

Published

2015-05-13

Issue

Section

Artikel