Virtual Puzzle Sebagai Alternatif Game Edukasi Menggunakan Sensor Kinect
Abstract
Permainan puzzle adalah permainan menyusun kepingan-kepingan puzzle menjadi suatu gambar yang utuh. Manfaat permainan yang bersifat edukatif ini adalah dapat merangsang perkembangan otak anak dan meningkatkan kemampuan kognitif anak. Seiring perkembangan teknologi komputer dalam bidang multimedia, banyak hal kreatif dan inovatif bermunculan, salah satunya teknologi kinect. Kinect adalah alat penerima sensor gerakan tangan atau gerakan tubuh lainnya untuk berinteraksi dengan platform yang digunakan. Banyak aplikasi virtual yang dibuat dalam bentuk animasi dan dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kinect. Berdasarkan kajian tersebut maka dibangunlah sebuah aplikasi virtual puzzle yang memanfaatkan teknologi sensor kinect. Kinect berperan sebagai sensor yang menangkap gerakan tangan pemain yang berinteraksi dengan aplikasi virtual puzzle. Diharapkan permainan ini akan menjadi alternatif permainan edukasi yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Kata Kunci: Permainan puzzle, Aplikasi virtual, Kinect.Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.