Virtual Puzzle Sebagai Alternatif Game Edukasi Menggunakan Sensor Kinect

  • Jeffry Antonius Student

Abstract

Permainan puzzle adalah permainan menyusun kepingan-kepingan puzzle menjadi suatu gambar yang utuh. Manfaat permainan yang bersifat edukatif ini adalah dapat merangsang perkembangan otak anak dan meningkatkan kemampuan kognitif anak. Seiring perkembangan teknologi komputer dalam bidang multimedia, banyak hal kreatif dan inovatif bermunculan, salah satunya teknologi kinect. Kinect adalah alat penerima sensor gerakan tangan atau gerakan tubuh lainnya untuk berinteraksi dengan platform yang digunakan. Banyak aplikasi virtual yang dibuat dalam bentuk animasi dan dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kinect. Berdasarkan kajian tersebut maka dibangunlah sebuah aplikasi virtual puzzle yang memanfaatkan teknologi sensor kinect. Kinect berperan sebagai sensor yang menangkap gerakan tangan pemain yang berinteraksi dengan aplikasi virtual puzzle. Diharapkan permainan ini akan menjadi alternatif permainan edukasi yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Kata Kunci: Permainan puzzle, Aplikasi virtual, Kinect.
Published
2020-10-16
Section
Artikel