Aplikasi Pendeteksi Jenis Motif Batik Menggunakan Principal Component Analysis (Pca) Dan Euclidean Distance Berbasis Android

Authors

  • Lodia Windari Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau

Abstract

Batik adalah seni kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi yang telah menjadi bagian dari kebudayan Indonesia. Dibutuhkan suatu cara yang dapat mendeteksi jenis motif batik tanpa harus belajar langsung ke sumber asli atau mencari referensinya terlebih dahulu. Salah satu cara yaitu mengenalkan batik dengan menggunakan android. Pada proses pengenalan batik menggunakan android akan dilakukan ekstraksi ciri yang mampu mengindentifikasi ciri batik untuk mendapatkan karakteristik suatu citra batik dengan menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA). Selanjutnya akan dilakukan perhitungan jarak kedekatan dengan membandingkan citra training dan citra testing menggunakan Euclidean Distance. Motif batik yang diuji adalah batik banji, ceplok, kawung, parang, megamendung, tabir riau dan semen. Motif batik terbaik dengan tingkat keakuratan 53.3% adalah motif batik parang dan jenis motif batik terbaik dengan tingkat keakuratan 39.2% adalah motif batik geometris.

Author Biographies

Lodia Windari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Kurnia, A. S. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Sugiyem. (2008). WUNY. Makna Filosofi Batik , Tahun X, Nomor 3.

Putra, D. (2010). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Ardiansyah, R. F. (2014). PENGENALAN POLA TANDA TANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Smith, L. I. (2002). A tutorial on Principal Components Analysis .

Faisal, M dan Irwansyah, E (2015). Advanced Clustering – Teori dan Aplikasi

Enterprise, J. (2010). Step by Step Ponsel Android. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kompas - Gramedia, Anggota IKAPI.

Rahardjo, A. S. (2001). Membangun Database dengan MySQL sebagai Data-base Server pada Website E-commerce Komputeronline.com, Universitas Kristen Petra, 3(2), 88–95.

Published

2015-05-13

Issue

Section

Artikel