Perancangan Aplikasi Automatic Translator Pada Text Recognition Menggunakan Kamera Berbasis Desktop

  • Sherly Kesuma Wardhany Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penggunaan bahasa bertujuan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan mudah oleh penerima. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendapatkan informasi dalam negeri ataupun mancanegara. Penggunaan kamus untuk mencari arti kata cenderung tidak efisien, karena pengguna harus mencari kata satu demi satu, membolak-balik halaman kamus, dan mencari dengan teliti. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan setiap pengguna dalam menerjemahkan kata yang menggantikan fungsi kamus. Pengguna tidak perlu mengetikkan setiap kata yang ingin diterjemahkan, cukup dengan mengambil gambar kata tersebut menggunakan perangkat kamera pada komputer, maka kata tersebut dapat langsung diterjemahkan. Pada sistem ini menggunaan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dalam pendeteksian teks yang terdapat pada gambar. Dalam penerjemahannya dimanfaatkan Google Translate API. Faktor kecerahan, penggunaan resolusi kamera yang tinggi, posisi teks yang tidak melebihi kemiringan 15° memberikan hasil pengenalan karakter yang optimal. Penerjemahan peribahasa dan istilah tidak menghasilkan makna asli sebernarnya. Kontribusi penelitian ini adalah sebagai alternatif input yang akan diterjemahkan dan pengganti kamus penerjemah.

Author Biographies

Sherly Kesuma Wardhany, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Warnia Nengsih, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Abdurrahman, Maulana Wahid. (2012). Pengembangan Aplikasi Translator Sunda-Indonesia-Inggris Menggunakan Capture Camera pada Smartphone Android. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Eikvil, Line. (1993). Optical Character Recognition. Norwegia: Norsk Regnesentral (Norwegian Computing Center) Blindern, Oslo.

Lian, Wing-Soon Wilson. (2009). Heuristic-Based OCR Post Correction for Smart Phone Applications. Chapel Hill: The University of North Carolina.

Murni, Aniati. (1992). Pengantar Pengolahan Citra. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Novita, Anindita. (2013). Aplikasi Translator Messenger Berbasis Java dan Google Translate API. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, Oky., Dharmawan, Denny., dan Halim, Adriani. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Realtime Translation Untuk Menerjemahkan Bahasa Jepang ke Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Pearson, Don. (1991). Image Processing. Singapore: McGraw Hill Book.

Published
2015-12-16
Section
Artikel