Implementasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Barang Pada Event Tertentu (Studi Kasus: Berkah Swalayan)

  • Yanti Ikhsana Politeknik Caltex Riau
  • Dadang Syarif Sihabudin Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Banyaknya data-data transaksi pada Berkah Swalayan yang hanya di simpan begitu saja sehingga terjadi penumpukan data. Penumpukan data tersebut dapat dijadikan sebuah informasi yang berguna bagi Berkah Swalayan, maka dilakukanlah pengolahan data-data tersebut dengan menggunakan data mining. Sistem pada penelitian ini dikembangkan dengan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Frequent Pattern Growth (FP-Growth) menghasilkan kombinasi pembelian item dengan item lainnya, yang ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Pengujian aplikasi ini menggunakan metode lift ratio yang menghasilkan informasi keterkaitan antara berbagai item berdasarkan data transaksi penjualan, Dari pengujian dan analisa yang diperoleh, produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan pada ABC Juice jambu 250ml dan terdapat enam pola keterkaitan dengan item lainya.

Author Biographies

Yanti Ikhsana, Politeknik Caltex Riau
Sistem informasi
Dadang Syarif Sihabudin, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau
Sistem informasi

References

Erwin. 2008.Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth.

Universitas Sriwijaya. Palembang.

Kadir, Abdul. (2008). Dasar Pemograman WEB Dinamis Menggunakan PHP.Yogyakarta: Andi.

Ligia. (2013). Analisa Penjualan Barang Menggunakan Metode Market Basket Analysis Berbasis WEB(Studi Kasus Kamal Group Ponsel Kotabaru) Proyek Akhir pada Politeknik Caltex Riau, tidak diterbitkan.

Materi, Gudang. (2009). Proses dan Cara Kerja Data mining

http://www.gudangmateri.com/2009/12/proses-dan-cara-kerja-datamining.html

Megaputer. (2007) Market Basket Analysis. http://www.megaputer.com

Muliono. (2013). Aplikasi Pembelajaran Keterkaitan Barang dari Transaksi

Penjualandengan Metode Market Basket Analysis (MBA). Proyek Akhir pada

Politeknik Caltex Riau, tidak diterbitkan.

Nengsih, Warnia. (2009) Data Mining Bisnis.Modul Kuliah pada Politeknik Caltex Riau, tidak diterbitkan untuk umum.

Nurina Sari, Betha (dkk). Penerapan Data mining Untuk Mengetahui Pola Asosiasi antara Data Mahasiswa dan Tingkat Kelulusan Menggunakan Algoritma Fold-Growth. Universitas Brawijaya

Olson, David and Y. Shi. (2008). Pengantar Ilmu Penggalian Data BisnisSalemba Empat, Jakarta

Pratama, Andhi. (2013). Aplikasi Data mining Association Rule dengan Algoritma Apriori untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan pada Toko Buku (Studi Kasus : Pustaka Obor). Politeknik Caltex Riau. Tidak diterbitkan

Sulhan, Moh. (2007). Pengembangan Aplikasi Berbasis Web dengan ASP. Yogyakarta : Gava Media

Published
2015-12-16
Section
Artikel