E-CRM Pada Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

  • Zora Libriani Politeknik Caltex Riau
  • Dadang Syarif Sihabudin Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Sikumbang Politeknik Caltex Riau

Abstract

Peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Riau, khususnya kota Pekanbaru menyebabkan hotel yang sebagai salah satu alternatif tempat menginap bagi wisatawan juga semakin meningkat jumlahnya di Pekanbaru. Hal tersebut menyebabkan persaingan antara hotel yang satu dengan yang lainnya juga meningkat. Hotel-hotel tersebut saling berlomba dalam meningkatkan pelayanannya dengan membuat sebuah website sistem informasi perhotelan. Namun, kebanyakan dari sistem informasi perhotelan tersebut belum menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM). CRM dapat diterapkan melalui teknologi informasi dengan tujuan mempercepat penyampaian informasi antara perusahaan dengan klien yang disebut dengan E-CRM.  Pada proyek akhir ini, aplikasi E-CRM diterapkan pada Hotel Mutiara Merdeka dengan mengotomatisasi proses layanan front office. Dengan adanya aplikasi ini, dapat menciptakan hubungan yang baik antara pihak hotel dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Point CRM yang terdapat pada aplikasi ini sudah merujuk kepada empat perspektif CRM, yaitu, segi strategis, operasional, analitikal, dan kolaborasi yang berdasarkan hasil kuesioner sudah memberikan persentase yang sangat baik.

Author Biographies

Zora Libriani, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Dadang Syarif Sihabudin, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Warnia Nengsih Sikumbang, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Zuprianto.(14 Desember 2012). Pekanbaru Masih Jadi Daerah Tujuan Utama Wisata di Riau. Diambil 21 Februari 2013 dari http://riaubisnis.com/index.php/industry-news/pariwisata-industry/5906-pekanbaru-masih-jadi-daerah-tujuan-utama-wisata-di-riau.

Manoppo, Veronika, Agus Setiawan, dan Anthony Angsana. (2008). Analisis Dan Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Hotel Pitagiri. BINUS.

Riyadi, Agus.(2012). Analisa Dan Pembuatan Aplikasi E-Crm Pada Toko Furnitur Anik Meubel Purwodadi. Skripsi pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Yogyakarta, diterbitkan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(t.t). Diambil 28 November 2012 dari http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=sistem&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=kamus

Asih,Daru. (t.t). Perilaku Konsumen. Pusat Pengembangan Bahan Ajar – UMB.

Weina Guo & Weihua Liu.(2010). Business Process Reengineering Based on Customer Relationship Management Strategy. IEEE Xplore Digital Library. 473 – 477.

Yunus, Muhammad Taufan. (2009). Perancangan Electronic Customer Requirement Management (E-CRM) Pada Perusahaan Jaya Makmur Furniture Dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Universitas Gunadarma.

Kartajaya, Hermawan.(2007). Boosting Loyalty Marketing Performance Menggunakan Teknik Penjualan, Customer Relationship Management, dan Servis untuk Mendongkrak Laba. Bandung : Mizan Pustaka.

Published
2013-12-16
Section
Artikel