Aplikasi Dongeng Interaktif “Timun Mas” Berbasis Android Menggunakan Unity 3D

  • Heri Kurniawan Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Rahmat Suhatman Politeknik Caltex Riau

Abstract

Dalam suatu cerita dongeng biasanya terdapat pesan moral yang ingin disampaikan. Pesan moral yang ada pada suatu dongeng tersebut dapat digunakan sebagai bekal bagi anak-anak. Akan tetapi, kebanyakan anak-anak sudah kurang tertarik dengan dongeng berbentuk buku. Mereka lebih menyenangi game, oleh karena itu pada proyek akhir ini akan dirancang dan dibuat  sebuah game dongeng interaktif berbasis android untuk menyelesaikan masalah ketidak tertarikan anak-anak tersebut terhadap dongeng. Pengertian interaktif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersifat saling melakukan aksi. Adapun software yang akan digunakan adalah Unity3D. Dongeng yang diambil adalah dongeng Timun Mas. Timun mas adalah salah satu dongeng favorit, yang menceritakan bagaimana seorang anak perempuan yang bernama Timun Mas dapat lepas dari kejaran raksasa jahat yang ingin memakannya. Nilai moral yang akan disampaikan dalam dongeng ini tercermin pada rangkaian babak-babak pada aplikasi ini, seperti jangan mudah menyerah dan tetap berusaha. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar, dimana 84 % responden setuju aplikasi ini dapat dijadikan sebagai pengganti buku dalam menyampaikan dongeng buat anak-anak.

Author Biographies

Heri Kurniawan, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Rahmat Suhatman, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika

References

Alma’i, Vidi Rahman. (2010), Aplikasi Sensor Accelerometer Pada Deteksi Posisi. Universitas

Fadhilah, Rahayu Nur. (2012). PENGARUH DONGENG BERTEMA SOSIAL TERHADAP TINGKAT EMPATI ANAK DI TK KUSUMA HARAPAN PABRIK GULA (PG) KREMBUNG SIDOARJO. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diambil 21 Agustus 2013 dari http://kbbi.web.id/interaktif

Nurahmi, Fitri. (17 November 2011). Mengenal Lebih Dalam Tentang Unity3D. Dalam Indonesia Unity3D Game Developing diambil 16 November 2012 dari http://unity3dindo.forumid.net/t5-mengenal-lebih-dalam-tentang-unity3d

Rizkiyani, Alifiana Hafidian (2013). Skala Likert Sebagai Teknik Evaluasi. Dalam Kompasiana diambil 21 Agustus 2013 dari http://edukasi.kompasiana.com/2013/06/12/skala-likert-568158.html

Safaat H, Nazrudin. (2011). Android : Pemrograman Aplikasi Smartphone dan Tablet Berbasis Android. Bandung: Informatika

Susanto, Dwi Andi (2013). [TekMatis] Akankah e-book tenggelamkan era buku (fisik)? Dalam Merdeka.com diambil 21 Agustus 2013 dari http://www.merdeka.com/teknologi/tekmatis-akankah-e-book-tenggelamkan-era-buku-fisik.html

Wiryadinata, Romi. (2009). Prinsip Kerja Sensor Accelerometer. Dalam Romi Wiryadinata diambil 16 November 2012 dari http://wiryadinata.web.id/?p=22

Published
2017-01-16
Section
Artikel