Android-Based Drinking Water Refill Service Application and Depot Management Using Prototyping and Location Based Service (LBS) Methods (Case Study: Aquaza Drinking Water Depot)

Authors

  • Rasyid Abdul Halim Politeknik Caltex Riau

Abstract

Depot air minum adalah usaha industri yang menawarkan jasa pengolahan air baku menjadi air minum dan menjual langsung kepada konsumen. Pada umumnya proses Delivery Order depot dilakukan melalui panggilan, mengirimkan pesan, ataupun mendatangi depot secara langsung serta proses pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan pembukuan sederhana seperti halnya yang dilakukan oleh depot air minum Aquaza. Diketahui bahwa pencatatan transaksi manual sering menyebabkan kekeliruan/kesalahan maupun kelupaan dalam proses pencatatan transaksi serta pelanggan yang terkadang terlalu lama untuk menunggu pesanan sampai ditempat serta karyawan depot yang lalai dalam mengurus jadwal pesanan pelanggan. Oleh karena itu, Aplikasi Layanan Isi Ulang Air Minum dan Management Depot ini hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi ini akan dibuat menggunakan Android Studio, Kotlin sebagai bahasa pemrogramannya, Cloud Database Firestore sebagai databasenya serta menggunakan teknologi LBS (Location Based Service) untuk mempercepat waktu pemesanan maupun pengiriman. Alur kerja dari aplikasi ini adalah konsumen memesan melalui aplikasi lalu karyawan akan mengurus pesanan dan mengantarkan pesanan sesuai dengan tempat yang dituliskan pelanggan, lalu pelanggan melakukan pembayaran, kemudian karyawan mengubah status order menjadi selesai. Aplikasi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada Depot Air Minum Aquaza. Kata Kunci: Android Studio, Cloud Database Firestore, Depot Air Minum, Delivery Order, Kotlin, LBS

Published

2021-05-04

Issue

Section

Artikel