Aplikasi untuk Membantu Proses Ujian Pelajar Tuna Netra dengan Menggunakan Windows Speech Recognition

  • Minly Tandi Wati Politeknik Caltex Riau
  • Erwin Setyo Nugroho Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penyandang tuna netra merupakan salah satu tipe Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Akibat hilangnya fungsi indra penglihatan, maka penyandang tuna netra memaksimalkan fungsi indra yang lain seperti perabaan, penciuman, dan pendengaran untuk dapat melakukan aktivitasnya. Namun kerap kali aktivitas yang dilakukan oleh penyandang tuna netra masih tergantung pada orang lain. Contohnya dalam proses ujian yang tergantung pada guru untuk membacakan soal. Untuk itu dibutuhkan suatu teknologi yang dapat membantu proses ujian bagi penyandang tuna netra, yaitu speech recognition. Penelitian ini membahas pemanfaatan Windows Speech Recognition untuk membantu pelajar tuna netra dalam melaksanakan ujian. Guru memasukkan soal ujian dan kunci jawaban. Saat ujian, soal dan pilihan jawaban ujian akan dibacakan oleh sistem. Selanjutnya, pelajar penyandang tuna netra menjawab dengan menyebutkan pilihan jawaban one, two, three, atau four. Nilai ujian diketahui setelah pelajar yang bersangkutan menyelesaikan ujian. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang telah dibuat dapat digunakan pada sistem operasi Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8. Aplikasi ujian dengan menggunakan Windows Speech Recognition ini membantu proses ujian bagi pelajar penyandang tuna netra. Selain itu, aplikasi membantu guru dalam melaksanakan proses ujian, memudahkan pelajar untuk menjawab soal ujian dalam bentuk suara dan membantu pelajar dalam mendengarkan pengucapan suatu kata dalam Bahasa Inggris.

Author Biographies

Minly Tandi Wati, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Erwin Setyo Nugroho, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Melissa, G., "Pencocokan Pola Suara (Speech Recognition) dengan Algoritma FFT dan Divide and Conquer", Institut Teknologi Bandung, 2008.

Mungamar, A., Mengendalikan laptop dengan suara, http://www.mr-mung.com/2010/02/mengendalikan-laptop-dengan-suara.html, (16 Februari 2010).

Nawawi, A., "Analisis Mobilitas Tuna Netra", Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Permadi, T., "Pemanfaatan Microsoft Speech Application Programming Interface pada Pembuatan Aplikasi Perintah Suara", Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2008

PERTUNI - Persatuan Tuna Netra Indonesia, http://pertuni.idp-europe.org/, (t.t).

Rohn, http://answers.microsoft.com/, (t.t).

Saefulloh, C., "Sistem Pengenalan Suara Huruf Vokal dari Pembicara Tunggal Secara Online dengan Fast Fourier Transform sebagai Ekstraksi Ciri", Universitas Komputer Indonesia, 2008

Santoso, K.N., "Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran dan Komunikasi untuk Anak Cerebral Palsy : Input Device", Institut Teknologi Bandung, 2012.

Sugiarmin, M., "Pengembangan Teknologi Asistif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusif", Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Published
2013-12-16
Section
Artikel