Simulasi Animasi Tiga Dimensi Gerombolan Ikan dalam Akuarium Virtual Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (Studi Kasus : Menghindari Hambatan Dinamis)

  • Ratna Nur Ayu Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Heni Rachmawati Politeknik Caltex Riau

Abstract

Melakukan pengamatan terhadap tingkah laku ikan secara langsung di laut maupun akuarium memiliki resiko dan biaya yang besar, sehingga lebih efisien melakukan pengamatan dalam bentuk simulasi pada akuarium virtual. Tingkah laku ikan yang menarik untuk diamati salah satunya adalah pergerakan gerombolan ikan menuju suatu sumber makanan. Dalam pergerakannya, terdapat kemungkinan terjadinya tabrakan antar ikan maupun antara ikan dengan hambatan dinamis yang selalu bergerak. Ikan harus dapat melakukan pendeteksian tabrakan (Collision Detection) untuk menghindari terjadinya tabrakan tersebut. Penelitian ini menghasilkan suatu simulasi pergerakan gerombolan ikan dalam mendeteksi tabrakan dengan hambatan dinamis dan menemukan jalur paling optimal menuju sumber makanan. Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) digunakan dalam penelitian ini untuk menemukan jalur paling optimal menuju sumber makanan. Pada hasil penerapan algoritma ini, posisi terbaik dari seluruh ikan (nilai GBest terbaik) dipengaruhi oleh jumlah ikan, maksimum iterasi,kemampuan partikel (C1), kemampuan sosial swarm (C2), dan nilai random.Pada penelitian ini, jumlah ikan yang digunakan adalah 5, 10 dan 15, maksimum iterasi yang digunakan adalah 5, 15 dan 25, serta nilai C1 dan C2 yang digunakan adalah 0.1, 1.0 dan 2.0. nilai GBest terbaik didapatkan ketika jumlah ikan 15, maksimum iterasi sebanyak 25, serta nilai C1 dan C2 bernilai 1.0. Pendeteksian tabrakan antar ikan dan antara ikan dengan hambatan menggunakan metode Bounding Box Collision Detection. Metode dikatakan akurat jika tidak ditemukan irisan antar ikan dan antara ikan dengan hambatan. Pada simulasi penelitian ini, tidak ditemukan irisan sehingga dapat dikatakan bahwa metode Bounding Box Collision Detection 100% akurat.

Author Biographies

Ratna Nur Ayu, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Heni Rachmawati, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Firdiansyah, M.E. (2010). Multimedia Interaktif Tiga Dimensi Tata Cara Bersuci dan Shalat.

Pitcher, T.J. & Parrish. (1993). Schooling. Diambil 25 Agustus 2013 dari http://seagrant.gso.uri.edu/factsheets/schooling.html

Santosa, B. (t.t). Tutorial Particle Swarm Optimization.

Wantoro, B.S. (2012). Particle Swarm Optimization untuk Optimasi Penjadwalan Pembebanan pada Unit Pembangkit PLTG di PLTGU Tambak Lorok.

Tuegeh, M., Soeprijanto, & Purnomo, M.H. (2009). Modified Improved Particle Swarm Optimization for Optimal Generator Scheduling.

Ariani, D. (t.t). Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah di Jurusan Teknik Informatika PENS dengan Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO).

Arsandi, A., Mardi, S., & Hariadi, M. (t.t). Visualisasi Gerakan Objek 3D pada Augmented Reality dengan Deteksi Tumbukan Berbasis Bounding Box.

Jeni. (t.t). Sprite & Collision Detection

Published
2013-12-16
Section
Artikel