Aplikasi Keamanan Short Message Service Dengan Metode Advanced Encryption Standard (AES) Pada Android

  • Ressy Ananda Terunawan Politeknik Caltex Riau
  • Heni Rachmawati Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan suatu layanan yang diberikan kepada pengguna untuk melakukan komunikasi melalui pengiriman pesan singkat. Namun komunikasi melalui media SMS ini bukanlah komunikasi secara langsung sampai pada tujuan, melainkan melalui jaringan dan disimpan dalam SMS Center (SMSC) layanan seluler yang dipakai. Pada jaringan SMS tersebut, keamanan pesan sangat terancam untuk dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga untuk meningkatkan keamanan pesan menggunakan algoritma kriptografi yang memiliki proses enkripsi dan dekripsi. Untuk itu dibuat sebuah aplikasi keamanan SMS dengan metode Advanced Encryption Standard (AES), AES digunakan untuk meningkatkan keamanan pesan dengan mengenkripsi pesan yang dikirimkan. AES menggunakan kunci sepanjang 192 bit, untuk proses enkripsi maupun dekripsi. Berdasarkan penelitian, algoritma AES lebih lama melakukan proses generate kunci pada saat enkripsi, dengan durasi waktu sebesar 7,5 ms dan 7,1 ms untuk proses dekripsi, jika dibandingkan algoritma Triple DES yang hanya mempunyai durasi waktu sebesar 5 ms untuk enkripsi dan 5,1 ms untuk proses dekripsi. Tetapi algortima AES lebih cepat dalam melakukan proses enkripsi dengan durasi waktu sebesar 12,7 ms dan 15 ms untuk proses dekripsiĀ  dibandingkan algoritma Triple DES dengan durasi waktu sebesar 19,8 dan 23,5 ms.

Author Biographies

Ressy Ananda Terunawan, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Heni Rachmawati, Politeknik Caltex Riau
Sistem Infromasi
Warnia Nengsih, Politeknik Caltex Riau
Sistem Infromasi

References

Ari, I Made. (2003). Penyandian Data Dengan Algoritma Kriptografi Noekeon. Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung.

Huda, Miftahul Choirul. (2010). Perancangan Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi SMS dengan Algoritma Simetri AES pada Telepon Seluler.

Kromodimoeljo, Sentot (2009). Teori dan Aplikasi Kriptografi. Penerbit : SPK IT Consulting

Kautzar, Mohammad Gilang. (2006). Studi Kriptografi Mengenai Triple DES dan AES. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Kurniawan, Yusuf (2004), KRIPTOGRAFI : Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi. Bandung : Informatika.

Mistari, Aplikasi Belajar Membaca dan Mengucapkan Huruf Hijaiyah dengan Tadjwid Berbasis Android

Roystons (2010), Aplikasi Keamanan Short Message Service dengan Metode International Data Encryption Algorithm. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau. Tidak dipublikasikan

Sadikin, Rifki. (2012). Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Published
2013-12-16
Section
Artikel