Aplikasi Mobile Pengenalan Karakter Manusia Melalui Bentuk Bagian Wajah Menggunakan Metode Learning Vector Quantization

  • Rezky Aulia Pratama Politeknik Caltex Riau
  • Kartina Diah KesumaWardhani Politeknik Caltex Riau
  • Wawan Yunanto Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kecerdasan Buatan adalah salah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu sistem mampu berfikir layaknya manusia. Salah satu cabang ilmu dari Kecerdasaan Buatan yang sangat populer adalah Jaringan Syaraf Tiruan. Jaringan Syaraf Tiruan memiliki pola algoritma yang sama dengan logika pada otak manusia dalam mengenali dan mempelajari sesuatu hal yang baru. Aplikasi ini menggunakan metode Learning Vector Quantization. Input data berupa citra bagian wajah yang telah diekstraksi ciri sehingga didapatkan citra binernya. Citra biner ini yang akan dikenali terhadap citra biner sampel melalui proses pelatihan. Bobot dari proses pelatihan tersebut kemudian akan dilakukan proses pengujian untuk mengenali input. OutputĀ  dari aplikasi ini akan menampilkan keterangan karakter berdasarkan data input yang sesuai dengan data sampel. Melalui pengujian yang dilakukan terhadap metode yang dipakai, didapatkan analisa bahwa metode LVQ dapat mengenali setiap inputan yang diberikan. Aplikasi ini dibangun pada perangkat mobile berbasis android.

Author Biographies

Rezky Aulia Pratama, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Kartina Diah KesumaWardhani, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Wawan Yunanto, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Tickle, Naomi R.(2010). You can read a face like a book. Jakarta Selatan : UFUK Press.

Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intelligent (Teknik dan Aplikasinya).

Naoum, Reyadh Shaker., Al-Sultani, Zainab Namh.(2012). Learning Vector Quantization (LVQ) and k-Nearest Neighbor for Intrusion Classification. World of Computer Science and Information Technology Journl.Vol. 2, No. 3, 105-109.

Published
2013-12-13
Section
Artikel