Optimasi Rute Perjalanan Taksi Menggunakan Algoritma Floyd-Warshall Berbasis Android (Studi Kasus PT.Riau Indah Transport)

  • Ryan Bayuna Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Salah satu jasa angkutan umum darat yang digunakan di daerah perkotaan adalah taksi. Untuk memesan taksi, pelanggan dapat memesan melalui telepon atau memanggil taksi yang melintas. Pelanggan yang sudah memesan taksi melalui operator akan segera dijemput oleh supir taksi. Karena keterbatasan informasi alamat yang diberikan pelanggan dan data jalan, membuat supir taksi membutuhkan waktu untuk mengetahui posisi pelanggan, serta rute dengan jarak terpendek dan tidak macet menuju posisi pelanggan maupun ke tempat tujuan pelanggan. Dengan banyaknya rute taksi di kota Pekanbaru, memungkinkan adanya alternatif jalan yang dapat dilalui taksi, untuk menjemput pelanggan dengan rute yang lebih singkat dan tidak macet yang dapat mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu. Untuk itu, dibutuhkan suatu optimasi untuk menentukan rute terpendek. Optimasi dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma Floyd-Warshall. Algoritma Floyd-Warshall merupakan salah satu varian dari algoritma pemrograman dinamis yang membandingkan semua ruas (edge) yang mungkin melalui himpunan setiap pasangan titik/vertex. Setiap kombinasi ruas (edge) diuji sampai ditemukan rute terpendek antara dua titik/vertex yang optimal. Setelah dilakukan pengujian, algoritma Floyd-Warshall mampu memberikan optimasi rute terpendek dan rute efisien (tidak macet) sebagai pertimbangan oleh supir taksi untuk menjemput dan mengantar pelanggan yang memesan taksi menggunakan aplikasi android. Waktu pencarian optimal 6,61% dari rata-rata waktu pencarian rute terpendek dan rute efisien dengan waktu pencarian optimal 3,06% dari rata-rata waktu pencarian rute efisien.

Author Biographies

Ryan Bayuna, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer

References

Ardan, Robby. (2012). Optimasi Pemilihan Jalur Taksi Berdasarkan Posisi Pelanggan dengan Pendekatan Algoritma A Star (A*).Politeknik Caltex Riau.

Cormen, Thomas H. , E. Leiserson ,Charles., L. Rivest ,Ronald., & Clifford Stein. (2009). Introduction to Algorithms(3rd ed.). London:The MIT Press.

Arliyanto, Rico. (2010). Pengenalan Android. Dalam Pengenalan Android | KomputerBLOG.Com. Diambil 3 Februari 2013 dari http://komputerblog.com/2010/10/20/pengenalan-android/

Published
2013-12-16
Section
Artikel