Rancang Bangun Enterprise Resource Planning Modul Sales And Distribution Untuk Perusahaan Manufaktur

  • Sari Elhayati Simamora Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perusahaan PT. New Inti Furnindo merupakan perusahaan  furniture yang bergerak di bidang manufaktur. Perusahaan tersebut terbagi menjadi beberapa departemen seperti keuangan, sales marketing, produksi, pergudangan. Di departemen sales marketing, perusahaan masih melakukan proses bisnis secara manual, yaitu menggunakan form sales order, delivery order, invoice, dan receipt yang diisi oleh karyawan sales. Data dari form tersebut diinputkan ke aplikasi yang sudah diterapkan di perusahaan. Namun, aplikasi tersebut hanya berbasis desktop dan terbatas untuk melakukan perhitungan total pesanan dan pembayaran dari customer. Untuk mempermudah proses bisnis perusahaan, maka dalam proyek akhir ini telah dirancang bangun sebuah sistem yang mengintegrasikan empat modul yaitu sales and distribution, production, procurement, dan finance. Keempat modul dapat saling bertukar data pada satu database pusat. Sistem ini dikenal dengan nama Enterprise Resource Planning. Agar sistem ERP ini dapat mencapai tujuan perusahaan, maka diperlukan pemahaman tentang proses bisnis yang berjalan di perusahaan, sehingga sistem ERP yang dibangun dan dirancang dapat meningkatkan kinerja khususnya modul sales and distribution, dimana sistem kerja yang awalnya manual diubah menjadi sistematis,  adanya integrasi data antar modul lainnya, serta menghemat waktu dan biaya karena adanya pengaksesan data dari server oleh client berupa smartphone Android. Pengujian dilakukan dengan mengimplementasikan penggunaan aplikasi ini di perusahaan selama seminggu, bertujuan untuk mengukur keefektifan dari penerapan aplikasi yaitu integrasi antar modul dan keefisienan pengaksesan aplikasi secara mobile. Hasil pengujian dapat dilihat dari lampiran kuesioner yang dinilai oleh pimpinan perusahaan dan sales manager.

Author Biographies

Sari Elhayati Simamora, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika

References

Isnaeni, Lita Aprilia, Perancangan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Openbravo Modul Sales Management Sub Modul Sales Order Pada PT. ABC, Universitas Gunadarma, Depok, 2008.

Fahmi, M. Hanif, Pelokalan dan kustomisasi aplikasi erp open source openbravo erp untuk implementasi pada UKM furniture, http://www.pradnya.ac.id/lkppm/pages/jurnal%20M.%20Hanif%20Fahmi%20156-175, (11 November 2012).

Wijaya, Santo F & Darudiato, Suparto, ERP (Enterprise Resource Planning) & Solusi Bisnis, Graha Ilmu,2009.

H. Safaat, Nazzrudin, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika Bandung, 2011.

Abdullah, Syahrul Mubarak, Rancang bangun pusat informasi narkotik dan obat-obatan terlarang (narkoba) berbasis web, http://journal.umi.ac.id/pdfs/Rancang_Bangun_Pusat_Informasi_Narkotik_Dan_Obat-Obatan_Terlarang_(Narkoba)_Berbasis_Web.pdf, (5 Januari 2013).

Published
2013-12-16
Section
Artikel