Aplikasi Filter Ekstraksi Kerangka Dan Gambar Otomatis Berbasis Android

  • Selfi Surya Intan Politeknik Caltex Riau
  • Memen Akbar Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pada lingkungan kehidupan manusia, banyak dijumpai objek yang memiliki berbagai macam bentuk yang diambil menggunakan kamera smartphone android, kemudian foto disimpan dalam bentuk foto pada galeri smartphone tersebut . Objek pada foto dapat diambil bagian tepinya dengan menggunakan deteksi tepi Roberts yang menggunakan konvolusi 2x2 sehingga menghasilkan kerangka dari foto yang dipilih. Nilai threshold 230 digunakan untuk menghasilkan kerangka yang berwarna hitam putih. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur mewarnai menggunakan fill color, pen, pick color, insert text, undo dan redo. Hal ini dapat membantu  user untuk mewarnai kerangka sesuai dengan yang diinginkan. Jarak objek dengan kamera, zoom dan brightness  yang digunakan saat pengambilan foto mempengaruhi kualitas kerangka yang dihasilkan. Aplikasi ini telah diujikan pada smartphone Samsung Galaxy Note Series dengan ukuran jarak, zoom dan brightness sebesar 30 cm, 4 x digital zoom dan 0 EV.

Author Biographies

Selfi Surya Intan, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Memen Akbar, Politeknik Caltex Riau
Teknik  Komputer
Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Aini, Elsya Nurul. 2012. Implementasi Algoritma Iterative Treshold Untuk Segmentasi Citra Menggunakan Quadtree Decomposition. Politeknik Caltex Riau.

Amelia, Lia. 2012. Perbandingan Metode Roberts Dan Sobel Dalam Mendeteksi Tepi Suatu Citra Digital.Universitas Pendidikan Indonesia

Amiral, Muhammad. 2010. Aplikasi Pengingat Shalat dan Arah Kiblat Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android 1.6.Institut Teknologi Indonesia.

Cahyo, Septian Dwi. 2010 . Analisis Perbandingan Beberapa Metode Deteksi Tepi Menggunakan Delphi 7. Universitas Gunadarma.

Hayani, Lalilatul. 2012. Perpustakaan Cerita Rakyat Indonesia Menggunakan Kombinasi Kata Dan Narasi Sebagai Sarana Edukasi Anak Berbasis Android. Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika.

Nasution, Fatimah. 2011. Identifikasi Manusia Menggunakan Citra Digital Telinga dengan Metode Pencocokan Graf.

Sutoyo,T,dkk. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Penerbit Andi:Yogyakarta

Published
2013-12-16
Section
Artikel