Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Berdasarkan Grafologi Huruf r dan u Menggunakan Learning Vector Quantization Berbasis Android

  • Silvi Aulia Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Grafologi adalah cabang ilmu untuk menginterpretasi karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Ilmu grafologi ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sehingga mampu menerima diri sendiri dengan lebih baik. Penerapan ilmu grafologi telah banyak dilakukan didunia teknologi. Penerapan ilmu grafologi dapat diimplementasikan pada aplikasi android. Android adalah salah satu OS smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, Aplikasi ini memanfaatkan penerapan ilmu grafologi pada tulisan r dan u. Dengan aplikasi ini dilakukan analisis terhadap huruf r dan u dari 80 mahasiswa Politeknik Caltex Riau. Dari analisa grafologi terhadap huruf r dan u dapat diketahui kreativitas dan cara pembelajaran seseorang. Input data merupakan image dari tulisan tangan huruf r dan u dari mahasiswa Politeknik Caltex Riau. Untuk mengenali pola huruf diterapkan algoritma Jaringan Syaraf Tiruan yaitu metode Learning Vector Quantization. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu aplikasi dapat mengenali setiap inputan dengan menggunakan metode LVQ. Pada penelitian ini, didapatkan bahwa huruf r tidak berpengaruh pada tingkat kreatifitas mahasiswa di Politeknik Caltex Riau, sedangkan huruf  u berpengaruh pada sikap belajar mahasiswa.

Author Biographies

Silvi Aulia, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik  Informatika
Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi

References

Amri, Fauzan Ismara (2012). Analysis Grafologi Berdasarkan Huruf A dan T kecil Menggunakan Perceptron. Penelitian pada Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor, tidak dipublikasikan

Prasetyono, Dwi Sunar. (2010). Bedah Lengkap Grafologi. Yogyakarta: Penerbit DIVA Press.

Desiani, Anita. (2005). Konsep kecerdasan buatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Eliyana (2005). Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan.

Hermawan, Arief.(2006). Jaringan syaraf Tiruan, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.

Karimah, Shofiyati Nur (2012). Pengembangan Prototipe Aplikasi Grafologi Terkomputerisasi Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik. Penelitian pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM) Yogyakarta, tidak dipublikasikan.

Kristanto, Andi. (2004). Jaringan syaraf Tiruan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intelligent (Teknik dan Aplikasinya).

Mistari, Aplikasi Belajar Membaca dan Mengucapkan Huruf Hijaiyah dengan Tadjwid Berbasis Android.

Naoum, Reyadh Shaker., Al-Sultani, Zainab Namh.(2012). Learning Vector Quantization (LVQ) and k-Nearest Neighbor for Intrusion Classification. World of Computer Science and Information Technology Journl.Vol. 2, No. 3, 105-109.

Rachmawati, Faraziah (2011). Analisis Grafologi Berdasarkan Huruf a Dan t Menggunakan Algoritme Voting Feature Intervals 5, penelitian pada Institut Pertanian Bogor, tidak dipublikasikan

Septian, Dwi Cahyo.(2012). Analisis perbandingan beberapa metode deteksi tepi menggunakan delphi 7. Journal Universitas Gunadarma.

Soemantoro, Achsinfina H. (2009). Mengenal Potensi Anak Melalui Tulisan Tangan. Jakarta: Penerbit Grasindo

Published
2013-12-16
Section
Artikel