Rancang Bangun Enterprise Resource Planning Modul Production Untuk Perusahaan Berbasis Manufaktur

  • Sukma Rivan Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Setiap perusahaan harus terus meningkatkan kinerja perusahaan untuk dapat bersaing secara global. Di perusahaan PT. New Inti Furnindo yang menjadi studi kasus pada proyek akhir ini, terdapat beberapa departemen, salah satunya departemen production. Departemen production terhubung dengan departemen-departemen lain seperti admin, sales and distribution, warehouse dan finance. Salah satu permasalahan pada perusahaan ini adalah setiap departemen memiliki sistem informasi yang berbeda-beda, sehingga proses dan pengambilan keputusan untuk memproduksi suatu produk harus menunggu pelaporan kecukupan material dari departemen warehouse. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan Enterprise Resource Planning (ERP). Untuk mencapai tujuan penggunaan ERP maka dibutuhkan pemahaman mendalam pada proses bisnis perusahaan khususnya pada bagian production sehingga sistem ERP modul production yang dibangun sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Aplikasi ini merupakan sistem ERP yang dirancang berdasarkan proses bisnis perusahaan yang dapat berjalan pada web dan juga pada smart phone android. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa aplikasi ini dapat mempermudah proses kinerja perusahaan karena sistem yang dibuat saling terintegrasi ­dan aplikasi ini lebih efektif digunakan karena dibangun juga dalam perangkat mobile, sehingga beberapa proses bisnis perusahaan dapat dilakukan dari mana saja.

Author Biographies

Sukma Rivan, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika

References

Dhewanto, Wawan & Falahah. 2007. ERP (Enterprise Resource Planning) Menyelaraskan Teknologi Informasi Dengan Strategi Bisnis. Bandung: Informatika Bandung.

Fahmi, M. Hanif (2010). Pelokalan dan Kustomisasi Aplikasi ERP Open Source Openbravo ERP Untuk Implementasi Pada UKM Furniture. Malang: Universitas Brawijaya.

Wibisono, Setyawan (2005). Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi. Semarang: Universitas Stikubank.

Published
2013-12-16
Section
Artikel