Aplikasi Speech To Text Pada Animasi Robot Pintar Berbasis Android

  • Titik Porwasih Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Smartphone Android menjadi salah satu teknologi yang sangat diminati. Hal ini disebabkan karena smartphone Android bersifat open-source sehingga banyak developer yang mengembangkan aplikasi-aplikasi pada Android. Teknologi speech to text memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berinteraksi dengan suatu perangkat. Proyek akhir ini membahas tentang penerapan teknologi speech to text pada Android guna mengendalikan objek robot 3D. Robot 3D akan melakukan gerakan sesuai dengan instruksi suara dari user. Input suara dari user akan disimpan sementara pada device dalam format .wav. File suara tersebut dikirimkan ke server AT&T WATSON untuk diolah menjadi sebuah teks. Hasil teks dikirimkan kembali dari server ke device Android. Kemudian dilakukan pencocokan hasil teks dengan kata-kata gerak yang tersimpan di Android menggunakan algoritma levenshtein distance. Setelah itu robot akan melakukan gerakan sesuai dengan hasil pencocokan teks misalnya gerakan melompat (jump), menari (dance), dan lain-lain. Pada aplikasi ini telah dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian tingkat noise. Hasilnya aplikasi ini memiliki keakuratan kata sebesar 76% jika digunakan pada lingkungan sedikit noise. Sedangkan pada pengujian pengucapan bahasa Inggris, persentase keakuratan kata tertinggi didapatkan dari pengucapan yang dilakukan oleh pengajar yaitu sebesar 91,25%. Ideal aplikasi ini digunakan pada kondisi sedikit noise (0-50db) dengan pengguna minimal biasa berbahasa Inggris.

Author Biographies

Titik Porwasih, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer

References

Daftar Pustaka Amiral, Muhammad. (2010). Aplikasi Pengingat Shalat dan Arah Kiblat Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android 1.6. Institut Teknologi Indonesia.

Marietha, Sonya (2012). SMSsuara Application with Automatic Speech Recognition and Text to Speech on Mobile Phone. Institut Teknologi Bandung.

AT&T. (t.t) diambil pada tanggal 8 Juni 2013. http://att.com.

Goenawan, Willy (2005). Penerapan Algoritma Edit Distance Pada Pendeteksi Praktik Plagiat. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nurhayati, Oky. (2010). Pembuatan animasi dasar. Universitas Diponegoro

Blender. (t.t) Diambil pada tanggal 26 November 2012 http://blender.org

Unity3D. (t.t) Diambil pada tanggal 5 juni 2013 http://unity3D.com

Justian, Alex. (2012). Analisis Pengaruh Kebisingan Terhadap Performa Siswa Sekolah Dasar di Ruang Kelas. Jakarta : Universitas Indonesia.

Nurlis (2007).Metodologi Penelitian.Universitas Mercubuana

Published
2013-12-16
Section
Artikel