Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Santri Baru Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (Aras) Berbasis Website (Studi Kasus : Pondok Pesantren Modern Al-Majidiyah Bagan Batu)
Abstract
Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu setiap tahun rutin untuk melakukan penerimaan Santri Baru. Kriteria dalam penentuan penerimaan yaitu, nilai tes Akademik, tes wawancara, dan tes mengaji. Masalah yang dihadapi oleh Pesantren yaitu banyaknya proses yang manual. Sehingga, proses penyeleksian memakan waktu yang lama, untuk memutuskan siapa yang layak diterima menjadi santri di Pesantren ini. Dari permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu proses Seleksi Santri. Proyek akhir ini menyajikan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dirancang dengan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) yaitu perhitungan yang melibatkan nilai bobot dari setiap kriteria. Metode ARAS dipilih karena dapat memecahkan masalah seleksi santri dengan mudah untuk menentukan perangkingan. Penerapan metode ARAS dilakukan dengan cara menghitung nilai-nilai alternatif berdasarkan algoritma ARAS yang hasilnya bertujuan untuk mendapatkan alternatif dengan rangking tertinggi. Untuk pengujian UAT yang dilakukan pada ketua PPDB telah dapat diterima dan fungsi-fungsi sudah dapat berjalan dengan baik. Lalu untuk pengujian usability testing yang diberikan terhadap panitia PPDB, dapat disimpulkan panitia menyatakan sangat setuju bahwa sistem untuk menentukan keputusan seleksi santri telah dapat membantu panitia dengan persentase sebesar 86.30%. Selain itu berdasarkan pengujian akurasi perhitungan sistem dan perhitungan manual dapat disimpulkan bahwa perhitungan sistem yang dibangun sudah sama dengan perhitungan manual dengan tingkat akurasi 100%. Kata kunci:Additive Ratio Assessment (ARAS), UAT, Usability Testing.Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.