Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus Toko Jingga Oleh-Oleh Pekanbaru)

Authors

  • Rofifah Nabila member

Keywords:

Customer Relationship Management, Prototype, Toko Jingga Oleh-Oleh, User Acceptance Testing.

Abstract

Toko Jingga Oleh-Oleh merupakan toko yang bergerak dibidang kuliner. Menyediakan makanan khas yang dimiliki suatu daerah, khususnya Riau. Toko Jingga oleh-oleh terletak pada Jl. Kaharudin Nasution Pekanbaru-Riau. Di era sekarang ini terjadi persaingan yang sangat ketat antara bisnis dibidang kuliner dalam kota maupun luar kota. Persaingan tersebut mendorong Toko Jingga Oleh-Oleh untuk meningkatkan produk dengan mengelola hubungan dengan pelanggan secara teratur. Oleh karena itu, dikembangkanlah sistem Customer Relationship Management untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan dan mengurangi kemungkinan pelanggan pindah ke pesaing lain. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemograman PHP dan metode pengembangan sistem prototype. Sistem ini dapat mengelola data pelanggan, promosi produk, data penjualan produk, dan mengelola layanan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan pelanggan sehingga tercipta hubungan yang baik dengan pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian user acceptance testing seluruh butir uji mendapatkan jawaban “Ya”, artinya seluruh fungsionalitas sistem berjalan dengan baik dan dapat diterima Toko Jingga Oleh-Oleh. Berdasarkan pengujian UAT (User Acceptance Test) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan guest, didapatkan hasil perhitungan masing-masing 93,02% dan 97,25%. Berdasarkan persentase tersebut maka tingkat penerimaan sistem tersebut adalah sangat kuat.

References

Rustiyanto. (2018). Sistem Informasi JTERA - Jurnal Teknologi Rekayasa

Asih. (2013). Customer relationship management

Guo, W. (2010). Business Process Reengineering based on customer relationship management strategy)

Kurniawan D, K. (2018). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI PEMASARAN KAMAR KOS DI INDRALAYA.

Dwiyanto, B. M. (2016). ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)(Studi Kasus Batik BL Di Pekalongan).

Jayanti. (2015). Sistem Informasi Berbasis Web Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Model Reorder Point

Published

2022-06-06

Issue

Section

Artikel