GAME EDUKASI PENYUSUNAN KATA BERDASARKAN SPO DAN SPOK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB PELITA HATI PEKANBARU

Authors

  • Anisya Rizky Imaduna Anisya Politeknik Caltex Riau

Keywords:

Minat, Hasil Belajar, Game Edukatif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan game edukatif pada pembelajaran penyusunan kata pola SPO dan SPOK kelas V tunagrahita. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V tunagrahita SLB Pelita Hati Pekanbaru berjumlah 4 siswa yang terdiri atas 3 siswa putra dan 1 siswa putri. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Minat belajar siswa sebelum diberikan game edukasi mencapai 50% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 100%. 2) Hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 65 dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar sebesar 95. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan bahwa dengan game edukatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran penyusunan kata berdasarkan pola SPO dan SPOK di kelas V tunagrahita SLB Pelita Hati Pekanbaru.Kata kunci: Minat, Hasil Belajar, Game Edukatif

References

Hartaji, A. (2014). Pembangunan

Aplikasi Game Edukasi Autonomic

Drugames Pada Fakultas Kedokteran

Univesitas Padjajaran Laporan Kerja

Praktek. Universitas Komputer

Indonesia, 6–24.

Supriadi, S. (2018). Rancangbangun

Game Edukasi Pengenalan Huruf

Hijaiyah Dengan Game Egine

Construct 2. Buffer Informatika, 3(1),

–6.

Unity. (n.d.). Retrieved Juni 19,

, from https://unity.com/unity

Published

2022-06-06

Issue

Section

Artikel