GAME EDUKASI PENYUSUNAN KATA BERDASARKAN SPO DAN SPOK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB PELITA HATI PEKANBARU
Keywords:
Minat, Hasil Belajar, Game EdukatifAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan game edukatif pada pembelajaran penyusunan kata pola SPO dan SPOK kelas V tunagrahita. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V tunagrahita SLB Pelita Hati Pekanbaru berjumlah 4 siswa yang terdiri atas 3 siswa putra dan 1 siswa putri. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Minat belajar siswa sebelum diberikan game edukasi mencapai 50% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 100%. 2) Hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 65 dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar sebesar 95. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan bahwa dengan game edukatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran penyusunan kata berdasarkan pola SPO dan SPOK di kelas V tunagrahita SLB Pelita Hati Pekanbaru.Kata kunci: Minat, Hasil Belajar, Game EdukatifReferences
Hartaji, A. (2014). Pembangunan
Aplikasi Game Edukasi Autonomic
Drugames Pada Fakultas Kedokteran
Univesitas Padjajaran Laporan Kerja
Praktek. Universitas Komputer
Indonesia, 6–24.
Supriadi, S. (2018). Rancangbangun
Game Edukasi Pengenalan Huruf
Hijaiyah Dengan Game Egine
Construct 2. Buffer Informatika, 3(1),
–6.
Unity. (n.d.). Retrieved Juni 19,
, from https://unity.com/unity
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.