Game Edukasi Berhitung Dengan Ular Tangga Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa Pelita Hati)

Authors

  • Irvandy Hartono Irvandy Politeknik Caltex Riau

Abstract

Anak berkebutuhan Khusus tunagrahita adalah seseorang dengan tingkat kecerdasan yang sedemikian rendahnya (dibawah normal), sehingga untuk melihat tugas perkembangannya memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik, termasuk dalam program pendidikannya. Kemampuan berhitung adalah salah satu kemampuan utama yang perlu dimiliki seseorang dalam kehidupan sehari – hari. Metode pembelajaran dengan media game diyakinkan lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran dengan media konvensional, oleh karena itu dibangun game edukasi berhitung dengan ular tangga. Pernyataan ini dibantu dengan pre test dan post test yang dilakukan pada sekolah luar biasa Pelita Hati. Perbandingan presentasi kebenaran pada pre-test (80%) dan post-test (90.25%) menunjukkan peningkatan sebesar 10.25% dan rata – rata waktu yang digunakan untuk menjawab soal pada pre-test (13. 5 detik) dan post-test (12.5 detik) menunjukkan peningkatan sebesar 7.4%.Salah satu guru pada sekolah luar biasa pelita hati juga setuju untuk menggunakan game ular tangga sebagai media pembelajaran pada Sekolah Luar Biasa Pelita Hati.   Kata kunci: Berhitung, Game Edukasi, Tunagrahita Ringan , Unity

Published

2022-06-06

Issue

Section

Artikel