Game Edukasi Berhitung Dengan Ular Tangga Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa Pelita Hati)
Abstract
Anak berkebutuhan Khusus tunagrahita adalah seseorang dengan tingkat kecerdasan yang sedemikian rendahnya (dibawah normal), sehingga untuk melihat tugas perkembangannya memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik, termasuk dalam program pendidikannya. Kemampuan berhitung adalah salah satu kemampuan utama yang perlu dimiliki seseorang dalam kehidupan sehari – hari. Metode pembelajaran dengan media game diyakinkan lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran dengan media konvensional, oleh karena itu dibangun game edukasi berhitung dengan ular tangga. Pernyataan ini dibantu dengan pre test dan post test yang dilakukan pada sekolah luar biasa Pelita Hati. Perbandingan presentasi kebenaran pada pre-test (80%) dan post-test (90.25%) menunjukkan peningkatan sebesar 10.25% dan rata – rata waktu yang digunakan untuk menjawab soal pada pre-test (13. 5 detik) dan post-test (12.5 detik) menunjukkan peningkatan sebesar 7.4%.Salah satu guru pada sekolah luar biasa pelita hati juga setuju untuk menggunakan game ular tangga sebagai media pembelajaran pada Sekolah Luar Biasa Pelita Hati. Kata kunci: Berhitung, Game Edukasi, Tunagrahita Ringan , UnityPublished
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.