Aplikasi Pelatihan Scaffolding Berbasis Android Augmented Reality

Authors

  • Antony Boska Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politekni Caltex Riau
  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda virtual komputer dengan benda nyata yang menghasilkan suara atau grafis ke dalam dunia nyata. Augmented Reality berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan pengembangan teknologi ini dibidang konstruksi khususnya scaffolding. Scaffolding dibuat untuk memudahkan dan mengamankan pekerjaan di ketinggian. Scaffolder membutuhkan visualisasi 3D agar dapat memahami betul proses pemasangan, pembongkaran scaffolding serta penghitungan material scaffolding. Untuk itu, dibangunlah sebuah aplikasi pelatihan scaffolding menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat digunakan kapanpun oleh pekerja melalui smartphone yang menggunakan OS Android. Aplikasi ini bekerja dengan menyediakan marker sebagai alat peraga yang diidentifikasi menggunakan kamera untuk memunculkan objek 3D pada smartphone Android. Hasil proyek akhir ini berupa aplikasi mobile pemodelan scaffolding yang dijalankan pada smartphone Android. Aplikasi ini berjalan lancar dan stabil dengan menggunakan smartphone Android yang memiliki processor dual core serta memiliki fasilitas optical zoom pada kameranya untuk menghasilkan jarak ideal pendeteksian marker yang lebih luas. Pengujian menunjukkan bahwa scaffolder, supervisor scaffolding dan inspector konstruksi lebih mudah memahami proses pemasangan dan pembongkaran scaffolding, pengawasan dan inspeksi scaffolding sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.

Author Biographies

Antony Boska, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ananda Ananda, Politekni Caltex Riau

Teknik Informatika

Ibnu Surya, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality, Hughes Research Laboratories, Malibu. Diambil 18 November 2011 dari:http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf

Chevron. 2006. Scaffolding Training. Indonesia: Author.

Chevron. 2011. IBU FSWP Guidebook. Indonesia: Author.

Disnakertrans RI. 2005. Himpunan Peraturan Perundangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta, Indonesia.

Eastman Impex. (2000). Scaffolding Formwork Shoring. Diambil 15 November 2011 dari: http://www.scaffoldingeastman.com/downloads/scaffolding.pdf

Henrysson, Anders & Ollila, Mark.(t.t). Augmented Reality on Smartphones. Norrkӧping Visualization and Interaction Studio, Linkӧping University, Swedia. Diambil 28 November 2011 dari: http://nzdis.otago.ac.nz/projects/projects/berlin/repository/revisions/38/entry/trunk/Master's%20Docs/Papers/Augmented%20Reality%20on%20Smartphones.pdf

Milgram, Paul & Kishino, Fumio. 1994. A Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays, University of Toronto. Diambil 15 November 2011 dari: http://web.cs.wpi.edu/~gogo/hive/papers/Milgram_IEICE_1994.pdf

Safaat, Nazrudin. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel