Pengenalan Candi di Indonesia Menggunakan 3D Virtual Reality
Keywords:
Simulasi 3D, Candi, Virtual RealityAbstract
Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki peninggalan sejarah, salah satunya adalah candi. Candi merupakan bangunan yang memiliki nilai tinggi. Candi diakui sebagai bangunan peninggalan sejarah yang dilindungi oleh pemerintah[2]. Pada dasarnya candi dipelajari disekolah, namun media pembelajaran masih menggunakan buku. Media tersebut hanya menampilkan informasi dan gambar dalam bentuk dua dimensi. Gambar dua dimensi merupakan sebuah gambar yang hanya terdiri dari koordinat x dan y dan hanya dapat dilihat dari sisi tertentu[4], sehingga siswa tidak dapat mengenal bentuk candi lebih dalam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,dibangunanlah sebuah simulasi bangunan candi sehingga candi tidak hanya dapat dilihat dari satu sisi tertentu saja dan dapat memberikan informasi yang ada pada candi. Simulasi ini dibangun menggunakan software blender pada tahap pembuatan kedua objek Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kemudian pembangunan simulasi dilakukan pada software unity 3D untuk membuat dunia virtual lingkungan kedua candi. Berdasarkan hasil black box testing didapatkan fungsionalitas simulasi sudah dapat berjalan dengan baik. Kemudian pada hasil pengujian terhadap responden dilakukan disekolah pada saat terbatas, denganĀ responden yang tinggal disekitar sekolah. Berdasarkan hasil rekapitulasi kusioner dari survei yang dilakukan kepada 20 responden dari 5 sekolah yang berbeda 91,4% menyatakan simulasi Pengenalan Candi di Indonesia Menggunakan 3D Virtual Reality membantu siswa mendapatkan informasi mengenai bangunan candi.References
Andreas, R. (2013). Simulasi 3D Pengenalan Bangunan Politeknik Caltex Riau menggunakan Google Sketchup dan Unity 3D.
Arifin, F. (2015). Representasi SImbol Candi Hindu dalam Kehidupan Manusia: Kajian Linguistik Antropologis.
Fahruddin, J., & Fitrianto, Y. (2015). Virtual Reality Photography untuk Media Promosi Online Objek Wisata Curug Tujuh Bidadari.
Monica, V. A. (2012). Visualisasi Gambar 2D menjadi 3D untuk Bangun Ruang Balok menggunakan Image-Sequences.
Pribadi, D. A. (2017). Implementasi Pengendalian Quadcopter Dengan Prinsip Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, Vol. 1, No.12: 1451-1458.
Puto, H. T. (2015, Januari). Kajian Virtual Reality. Makalah Studi Mandiri.
Utomo, H. F. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Dan Petualangan Satwa Menggunakan 3D Virtual Reality. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.
Vidiardi, S. (2015). Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2012). Retrieved from https://kbbi.web.id/simulasi
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.