Aplikasi Chatter Bot untuk SMA Cendana Rumbai dengan Menggunakan Metode Boyer Moore

Authors

  • Devia Puspita N. Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Heni Rachmawati Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sulitnya mendapatkan informasi bagi calon siswa yang ingin mendaftar ke sekolah menengah atas (seperti SMA Cendana Rumbai) akan membuat minat calon siswa yang ingin mendaftar ke sekolah tersebut menjadi berkurang, dan tentu saja itu akan mengurangi kualitas dari SMA tersebut. Adanya bagian administrasi yang dapat membantu dalam memberikan informasi juga belum cukup efektif mengingat terbatasnya jumlah karyawan di bagian administrasi yang juga mempunyai pekerjaan sendiri dan banyaknya calon siswa yang membutuhkan informasi. Teknologi yang dapat mengatasi masalah ini adalah Chatter Bot yaitu program komputer yang mensimulasikan percakapan cerdas. User (calon siswa) dapat bertanya tentang pendaftaran siswa baru dan fasilitas yang ada ke sistem yang diproses menggunakan konsep pattern matching. Metode  Boyer-Moore merupakan algoritma pembanding kalimat yang sistematika kerjanya membandingkan karakter-karakter antara karakter teks paragraf dengan karakter acuan pencarian. Maka proyek akhir ini telah dibangun “Aplikasi Chatter Bot untuk SMA Cendana Rumbai dengan metode Boyer Moore”. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan MySQL sebagai database sistemnya. Dari kuesioner diperoleh bahwa 85% menyatakan tampilan web user friendly dan 83% menyatakan bahwa solusi yang diberikan sesuai dengan yang diinginkan.

Author Biographies

Devia Puspita N., Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Heni Rachmawati, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Budiasa, Rheno Manggala. Aplikasi Sederhana Pattern Matching dengan Algoritma Brute Force pada Validasi Suatu Teks. Diambil 24 November 2011 dari http://www.informatika.org/~rinaldi

Febriyanto, Redya dkk. Penerapan Algoritma Boyer moore untuk Pengecekan Plagiatisme Source Code. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Fernando, Hary. (2009). Perbandingan dan Pengujian Beberapa Algoritma Pencocokan String. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Herza,Alhumaira. (2011). Aplikasi Customer Service Bot menggunakan Metode Pattern Matching berbasis Web di Perusahaan Telekomunikasi Pekanbaru. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Kristanto, Andri. (2004). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya).Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusrini. (2006). Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

Munir, R. 2004. Algoritma Pencarian String. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung. URL : http://www.informatika.org/~rinaldi

Nugroho, Bunafit. (2004). PHP & mySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta : Andi.

SMA Cendana Rumbai. Profil SMA Cendana Rumbai.Pekanbaru.Yayasan Pendidikan Cendana.

Soleh, Moch Yusup. (2010). Implementasi Algoritma KMP dan Boyer Moore dalam Aplikasi Search Engine Sederhana. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Sulistyo, imam dkk. Algoritma Boyer-Moore dalam Pencarian String. Diambil 22 Januari 2012 dari http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Stmik/2005-2006/Makalah2006/MakalahStmik2006-54.pdf

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel