Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia pada Smartphone Android

Authors

  • Mukhlis Yuzti Perdana Politeknik Caltex Riau
  • Yuli Fitrisia Politeknik Caltex Riau
  • Yusapril Eka Putra Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pada saat ini  media pembelajaran dalam organ pernapasan manusia yang diterapkan dunia pendidikan adalah menggunakan buku dan menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam belajar. Proses pembelajaran diarahkan kepada ke­mampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi yang di dapat dari pendidik. Untuk itu perlu cara lain untuk menyiasatinya yaitu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dalam pembuatan animasi 3 dimensi (3D) agar terlihat lebih real-time dan menarik. Animasi dibangun menggunakan Blender serta proses pembangunan Augmented Reality menggunakan Qualcomm Augmented Reality (QCAR) yang ditampilkan menggunakan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android minimal versi 2.1. Aplikasi ini menampilkan objek organ pernapasan manusia yaitu Hidung, Laring, Bronkus, Trakea, dan Paru-Paru serta proses  mekanisme dari pernapasan. Hasil ini kemudian diujikan kepada sekelompok murid SMP dan guru. Hasil dari perhitungan kuesioner yang diberikan didapat bahwa aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi organ pernapasan dan dapat menjadi solusi alternatif multimedia pembelajaran tentang organ pernapasan. Lama waktu pendeteksian marker terhadap objek pada aplikasi ini tergantung dari spesifikasi dan besar kapasitas prosesor pada smartphone Android.Kata kunci:Augmented Reality, Blender, Android, real-time, smartphone

Author Biographies

Mukhlis Yuzti Perdana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Yuli Fitrisia, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Yusapril Eka Putra, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality, Hughes Research Laboratories, Malibu. Diambil 18 November 2011 dari: http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf

Domhan, Tobias. 2010. Augmented Reality on Android Smartphone., Dualen Hochschule Baden-Württemberg, Jerman. Diambil 15 November 2011dari softwareforschung.de/fileadmin/_softwareforschung/downloads/WISTA/Tobias_Do mhan_Studienarbeit.pdf

Downloads QCAR SDK and Release Note. Diakses 20 November 2011 dari http://ar.qualcomm.at/qdevnet/

Prawirohartono, Slamet. 2008. Sains Biologi 2 SMP/MTs. Jakarta : Bumi Aksara.

Safaat, Nazrudin. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel