Sistem Pengamanan Handphone Menggunakan Face Recognition Berbasis Android

Authors

  • Mirna Astria Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Biometrik adalah bidang keilmuan yang menggunakan karakterisktik fisik dari seseorang untuk menentukan atau mengungkapkan identitasnya. Face recognition merupakan salah satu teknologi biometrik yang telah banyak diaplikasikan dalam sistem security selain pengenalan retina mata, sidik jari dan iris mata. Dalam aplikasinya, face recognition menggunakan sebuah kamera untuk menangkap wajah seseorang kemudian dibandingkan dengan wajah yang sebelumnya telah disimpan di dalam database tertentu. Metode eigenface merupakan metode yang biasa digunakan untuk pengenalan wajah. Metode eigenface merupakan metode yang diklasifikasikan sebagai metode yang berdasarkan pada penampakan wajah secara keseluruhan (appearence-based method). Sistem ini memanfaatkan kamera android phone untuk identifikasi wajah pengguna dalam membuka kunci keamanan. Jika hasil capture cocok dengan identitas wajah pada database, maka proses membuka kunci keamanan berhasil. Tetapi, jika tidak cocok maka akan dinyatakan gagal. Dari hasil pengujian yang dilakukan, tingkat keberhasilan dalam membuka kunci keamanan dengan metode eigenface mencapai 80%, dikarenakan metode ini dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang berbeda antara citra masukan dan citra training dan juga adanya perubahan ekspresi wajah. Hal ini membuktikan sistem identifikasi wajah ini dapat digunakan pada android phone. Kata kunci: Face recognition, eigenface, appearence-based, capture, pengamanan android phone

Author Biographies

Mirna Astria, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Al fatta, Hanif. (2009). Pengenalan Wajah dengan Algoritma Eigenface. Jurnal Mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta. (Jurnal)

Fadlisyah. (2007). Computer Vision dan Pengolahan Citra. Yogyakarta : Andi

Saputra, Rizky. (2011). Analisa Identifikasi Wajah Menggunakan Metode eigenface dan Metode Euclidean dengan Pembanding Ekstraksi Ciri.

Suyoto,T dkk. (2009). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Andi

Turk, M, Pentland, A (2002). Eigenface Based Facial Recognition. McGraw-Hill International. (buku)

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel