Pembuatan Dan Implementasi Elearning Menggunakan Konsep Web 2.0 (Studi Kasus Sma Santa Maria)
Abstract
Proses belajar mengajar di SMA Santa Maria masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara guru dengan murid hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara guru dengan murid di dalam kelas. Apabila pertemuan tidak terjadi maka dapat menyebabkan proses bertukar pikiran dan berbagi ilmu pengetahuan pun terlambat atau terhambat. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran di SMA Santa Maria sehingga dampaknya berakibat pada berkurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tertentu. Oleh karena itu pada proyek akhir ini akan dilakukan pembuatan aplikasi elearning berbasis web dengan menggunakan konsep web 2.0. Dimana konsep yang diterapkan adalah interaksi antar sesama pengguna seperti guru dengan guru dalam hal diskusi materi, guru dengan siswa dalam hal ujian online dan siswa dengan siswa dalam hal kelompok diskusi. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Berdasarkan kuesioner terhadap beberapa guru dan siswa, diperoleh hasil sebanyak 80,0% responden guru menyatakan bahwa dengan mengunggah materi pada aplikasi ini memiliki peranan yang baik dalam membantu kesulitan guru jika guru berhalangan hadir.Kata kunci: elearning, PHP, MySQL, web 2.0.References
Gora, Winastwan & Sunarto. (2010). Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Artina, Nyimas. (tt). Penerapan E-learning Pada Proses Belajar Mengajar Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Mahasiswa (Studi Kasus Pada STMIK XYZ). Palembang: STMIK MDP.
Yudhanto Yudha. (2008). Tentang Web 2.0. Diambil tanggal 1 Desember 2011 dari http://ilmukomputer.org/2008/01/26/tentang-web-20/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.