Aplikasi Agenda Latihan di Pusat Kebugaran dengan Pendekatan Algoritma Brute Force Berbasis Android

Authors

  • Hablul Rija Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Sikumbang Politeknik Caltex Riau

Abstract

Olahraga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan agar tetap dapat beraktifitas, latihan di pusat kebugaran adalah salah satunya. Dengan kegiatan yang padat, manusia ingin dipermudah dalam membuat agenda latihan. Hal ini didukung oleh berkembangnya teknologi smartphone yang sedang berkembang dengan pesat. Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan pada device smartphone adalah Android yang dapat memudahkan dalam membuat agenda latihan. Dari banyaknya jenis latihan yang terdapat pada pusat kebugaran, agenda latihan yang akan dilakukan oleh pengguna harus sesuai dengan ketersediaan waktu. Sangatlah penting dalam menentukan agenda latihan yang optimal dalam waktu yang tidak banyak. Aplikasi ini memanfaatkan permasalahan Knapsack 0/1 dimana jenis latihan dengan bobot kalori tertentu disesuaikan dengan durasi latihan yang terbatas. Masalah tersebut dapat terselesaikan dengan algoritma brute force yang cukup dikenal dalam permasalahan optimasi. Aplikasi ini menghasilkan agenda latihan berdasarkan durasi latihan yang dimasukkan pengguna. Pada penggunaannya, aplikasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pemrosesan dengan algoritma brute force, semakin banyak data jenis latihan yang digunakan, semakin lama waktu pemrosesan yang dibutuhkann.

Author Biographies

Hablul Rija, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Warnia Nengsih Sikumbang, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Aruan, Roy Sahala. (2010). KNAPSACK. Diambil 10 Januari 2012 dari http://www.scribd.com/doc/44539777/KNAPSACK

Baharsyah, Muhamad Pramana dkk. (t.t). Eksplorasi Algoritma Brute Force, Greedy, dan Dynamic Programming untuk Persoalan Integer Knapsack.

Cook, Steve. (2003). How Many Calories Are You Burning?. Diambil 25 Januari 2012 dari http://www.bodybuilding.com/fun/calories.htm

Departemen Kesehatan. (2002). Panduan Kesehatan Olahraga bagi Petugas Kesehatan.

Handianto. (2010). Penyelesaian Fractional Knapsack Problem dengan Algoritma Greedy.

Martello, Silvano. & Toth, Paolo. (1990). Knapsack Problems - Algorithms and Computer Implementations. West Sussex, England : John Wiley & Sons Ltd.

Munir, Rinaldi. (2004). Diktat Kuliah IF2251 Strategi Algoritmik. Bandung : ITB

Safaat H, Nazruddin. (2011).Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung

Schlosberg, Suzzane dkk. (2004). Fitness for Dummies. Indiana, Canada : Wiley Publishing,Inc.

Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta : Gramedia.

Sutanto, Charly. (2009). Penyelesaian Knapsack Problem Menggunakan Algoritma Genetika.

Wicaksono, Prasetyo Andy. (2007). Eksplorasi Algoritma Brute Force, Greedy, dan Pemrograman Dinamis pada Penyelesaian Masalah 0/1 Knapsack.

Wijaya, Choky. (2011). Six Pack - Tips Ampuh Membentuk Tubuh Ideal. Yogyakarta: Second Hope

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel