Aplikasi Pembelajaran Penggunaan Trans Metro Berbasis Augmented Reality Android

Authors

  • Hairil Habibi Politeknik Caltex Riau
  • Sugeng Purwantoro Politeknik Caltex Riau
  • Rahmat Suhatman Politeknik Caltex Riau

Abstract

Transportasi umum adalah salah satu kebutuhan masyarakat sekarang ini. Dengan mulai banyaknya transportasi umum, masyarakatpun perlu mengetahui bagaimana prosedur penggunaannya. Sekarang ini telah banyak berkembang media pembelajaran berbasis multimedia, salah satu augmented reality. Augmented reality merupakan perpaduan antara virtual reality(objek virtual) dengan world reality(dunia nyata). Pada augmented reality objek-objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi seolah-olah terlihat nyata, dengan cara mengarahkan kamera pada marker. Salah satunya adalah pembelajaran penggunaan Trans Metro Pekanbaru. Dalam tugas akhir ini, telah dibangun sebuah aplikasi multimedia visual tiga dimensi yang dapat menggantikan gambar-gambar yang hanya dua dimensi. Aplikasi ini dibuat menggunakan teknologi augmented reality yang dijalankan pada smartphone Android. Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan bantuan library Vuforia (dulunya QCAR). Aplikasi ini bisa menjadi alat bantu yang efektif dan menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang cara penggunaan transportasi umum. Aplikasi ini dapat mendeteksi marker dengan jarak antara 4 – 180 cm tergantung kemampuan hardware kamera seperti digital zoom dan besar resolusi kamera tersebut. Animasi pada aplikasi ini berjalan dengan kecepatan render 3 – 14 FPS pada smartphone single core dan 22 – 31 FPS pada smartphone dual core yang memiliki library grafis OpenGL ES versi 2.x. Dari hasil analisa diperoleh bahwa pengguna menyatakan aplikasi ini berperan sangat baik dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan Trans Metro. Hasil Kuesioner menunjukkan 80% dari responden menyatakan aplikasi ini baik dan meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan Trans Metro.

Author Biographies

Hairil Habibi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Sugeng Purwantoro, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Rahmat Suhatman, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Aulia, Muhammad Fakhri. 2008.

Sistem Transportasi Trans Jakarta,

Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

http://www.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/125112-R050804-Sistem%20transportasi-Literatur.pdf

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of

Augmented Reality, Hughes Research

Laboratories, Malibu. Diambil 18

November 2011 dari:

http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpr

esence.pdf

Darussalam, Muhammad. (2010).

Deteksi Berbasis Marker Untuk

Mengambil (Capture) Gambar.

Dalam 7407030034_m di ambil 11

Februari dari http://www.eepis-

its.edu/uploadta/downloadmk.php?id

=992

Downloads QCAR SDK and Release

Note. Diakses November 20, 2011,

dari http://ar.qualcomm.at/qdevnet/

H, Nazrudin Safaat. 2011.

Pemrograman Aplikasi Mobile

Smartphone dan Tablet PC Berbasis

Android. Bandung:Informatika.

Henrysson, Anders & Ollila,

Mark.(t.t). Augmented Reality on

Smartphones. NorrkÓ§ping

Visualization and Interaction Studio,

LinkÓ§ping University, Swedia.

Diambil 28 November 2011 dari:

http://nzdis.otago.ac.nz/projects/proje

cts/berlin/repository/revisions/38/entr

y/trunk/Ma

ster's%20Docs/Papers/Augmented%

Reality%20on%20Smartphones.pd

f

Madcoms. (2009) Adobe Premiere

Pro CS4 untuk Pemula.

Yogyakarta:Penerbit Andi

Milgram, Paul & Kishino, Fumio.

A Taxonomy of Mixed Reality

VisualDisplays,Universityof

Toronto. Diambil 15 November 2011

dari:http://web.cs.wpi.edu/~gogo/hiv

e/papers/Milgram_IEICE_1994.pdf

Rianna. 2011. Augmented Reality 3D

Stadion Kaharuddin Nasution.

Program Studi Teknik Komputer.

Politeknik Caltex Riau.

Sumanto. 1995. Metodologi

Penelitian Sosial Pendidikan:

Aplikasi Metode Kuantitatif dan

Statistika Dalam Penelitian.

Yogyakarta:Andi Offset.

Published

2012-05-19

Issue

Section

Artikel