Aplikasi Pembelajaran Tulang Manusiamenggunakan Deteksi Gerak

  • Haris Muharram Politeknik Caltex Riau
  • Heni Rachmawati Politeknik Caltex Riau
  • Wenda Novayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Salah satu materi pembelajaran Biologi di SMA adalah tentang tulang manusia. Selain menggunakan buku, alat peraga model juga digunakan untuk menunjang pembelajaran. Namun buku dan alat peraga model masih memiliki keterbatasannya masing-masing. Pada alat peraga model hanya sebatas menampilkan objek dalam bentuk tiga dimensi. Sedangkan pada buku hanya menampilkan informasi dan satu sisi dari objek berbentuk dua dimensi yang membuat bentuk sebenarnya dari objek tidak jelas. Pada proyek akhir kali ini dibentuk sebuah aplikasi pembelajaran tulang manusia dalam bentuk 3D sebagai pengganti gambar atau model yang biasa digunakan. Sistem ini dibangun dan didesain menggunakan aplikasi Blender dan alat deteksi gerak kinect. Deteksi gerak kinect merupakan salah satu teknologi terkini dalam dunia teknologi multimedia. Penggunaan animasi tiga dimensi dengan menggunakan Blender akan mempertahankan bentuk sebenarnya dari tulang. Sedangkan pengontrolan aplikasi akan lebih mudah dengan menggunakan deteksi gerak seperti Kinect Xbox 360. Dengan Kinect Xbox 360 pengguna hanya perlu melakukan gerakan didepan deteksi gerak tersebut. Dengan hasil pengujian kuesioner terhadap peserta didik, aplikasi ini dapat membantu peserta pendidik memahami pembelajaran tulang dan membuat peserta didik menjadi lebih tertarik mempelajari sistem tulang manusia.Kata kunci: Tulang Manusia, Blender, Deteksi Gerak, Kinect

Author Biographies

Haris Muharram, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Heni Rachmawati, Politeknik Caltex Riau
Sistem Informasi
Wenda Novayani, Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer

References

Yuwono, Yosafat. (2013). Prototype Penggunaan Kinect Untuk Aplikasi Pembelajaran Nada. Jurursan Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra

Suryadi. (2012). Desain Animasi Interaktif 3D Anatomi Tulang Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Politeknik Caltex Riau

Akbar, M.A. (2013). Rancang Bangun Game Slash Word Menggunakan Kinect Sebagai Sensor Kendali Game Dengan Gerakan Tangan. Universitas Brawijaya

Fuad, M. (2013). Estimasi Jarak Menggunakan Sensor Kinect. Universitas Trunojoyo Madura.

Jony. (2013). Memory Game Menggunakan Kinect. Universitas Kristen Petra.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran Cetakan Ke-3. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Pujiyanto, Sri. (2012). Menjelajah Dunia Biologi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA. Solo : Penerbit Platinum

Nugraha, Sonna Cahyadi. (2011). Sistem Alat Gerak Manusia. Diambil pada tanggal 25 november 2013, dari

http://www.scribd.com/doc/66622330/Makalah-Sistem-Alat-Gerak-Manusia

Blender. (2013). About. Diambil pada tanggal 23 November 2013, dari http://www.blender.org/about/

Microsoft. (2013). Kinect for Xbox 360. Diambil pada tanggal 3 December 2013, dari http://www.xbox.com/en-US/kinect

Java, N. V. (2014). Modul Pemograman C# Fundamental. Retrieved 9 9, 2014, from https://www.academia.edu

Published
2017-01-24
Section
Artikel