Perancangan Modul Pembelajaran Bengkel Web Berbasis Html5

  • Robby Rahmana Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Wenda Novayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya dalam bidang komputer berkembang sangat pesat. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dengan kemajuan teknologi tersebut adalah penyajian modul pembelajaran dalam bentuk website. Politeknik Caltex Riau memberikan mata kuliah bengkel web dengan menggunakan modul yang dicetak dalam bentuk buku. Perkembangan teknologi pembuatan website yang selalu berkembang mengharuskan modul pembelajaran untuk diperbaharui secara berkala. Hal tersebut menghabiskan banyak waktu dan biaya. Untuk itu, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, maka dibuat sebuah modul pembelajaran bengkel web berbasis website. Website ini dibuat dengan menggunakan HTML5 dan PHP sebagai bahasa pemogramanan, serta MySQL sebagai databasenya. Dari hasil pengujian dengan menggunakan kuisioner, didapatkan bahwa 80.8% dari total mahasiswa menyatakan komposisi warna menarik, 88.8% menyatakan menu yang ada mudah dimengerti, 92% menyatakan jenis huruf yang digunakan mudah dibaca, 84% menyatakan bahasa materi mudah dipahami, 80.8% menyatakan contoh yang diberikan dapat meningkatkan pemahaman, 85.6% menyatakan soal yang diberikan sesuai dengan materi dan 92.2% menyatakan website ini dapat dijadikan alternatif dalam penyajian materi pembelajaran. Penyajian modul pembelajaran dengan menggunakan HTML5 dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap modul yang diajarkan dan dosen diberikan kemudahan dalam memperbarui materi pembelajaran.Kata kunci: Modul bengkel web, HTML5, PHP, MySQL

Author Biographies

Robby Rahmana, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Wenda Novayani, Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer

References

Sunarko, Andy. 2010. Modul Pembelajaran Interaktif Microsoft Word 2007 Berbasis Web. Proyek Akhir pada program studi Teknik Informatika Poiteknik Caltex Riau : Tidak diterbitkan.

Ardian, M. 2013. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Struktur Data dan Algoritma. Proyek Akhir pada program studi Teknik Informatika Poiteknik Caltex Riau : Tidak diterbitkan.

Efendi, Lisa., Sinarta, Lina., Welem, Theophilus. 2012. Penerapan HTML5 Pada Sistem Pembelajaran Mandarin Untuk Pemula. Penelitian program studi Teknik Informatika Universitas Kristen Satya Wacana : Tidak diterbitkan.

Winarno, Edy., Zaki, Ali.,Community, SmitDev. (2010). Easy web programming with PHP plus HTML5. Semarang : Elex Media Komputindo.

Jeanotnahasan. (22 Februari 2012).Diambil 18 November 2013 dari http://www.jeanotnahasan.com/2012/02/pengertian-tujuan-fitur-baru-dan.html

Nugroho, Bunafit. (2008). PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. Semarang: Andi

Published
2017-01-24
Section
Artikel