Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Berbasis Web (Studi Kasus: Paduan Suara Mahasiswa Politeknik Caltex Riau “Belcanto Choir”)

Authors

  • Agytsdita Christie Mariana Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau

Abstract

Paduan suara mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PSM PCR) merupakan wadah pembinaan bagi mahasiswa yang merupakan anggota tim paduan suara. PSM PCR mulai menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sejak 2010. Dalam penerimaan anggota setiap tahunnya dilakukan dengan cara seleksi. Setiap peserta akan dinilai oleh setiap anggota PSM PCR. Ada lima kriteria yang dinilai pada proses seleksi antara lain adalah (1) kemampuan membaca not angka, (2) timbre suara, (3) ketepatan intonasi, (4) artikulasi dalam bernyanyi dan (5) ketepatan menyanyikan lagu mars Politeknik Caltex Riau. Pengambilan keputusan yang didasarkan dari penilaian subjektif tiap anggota menyebabkan proses pengambilan keputusan memakan waktu yang lama. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan alternatif keputusan untuk mendukung proses seleksi. Sistem yang dibangun menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW) untuk mengolah bobot agar didapat nilai preferensi. Dari hasil pengujian dengan User Acceptance Testing didapatkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai fungsionalitasnya. Dari hasil pengujian perbandingan perhitungan manual dan sistem, dapat disimpulkan bahwa sistem dapat memberikan keputusan yang baik berdasarkan nilai preferensi yang dihasilkan. Hasil pengujian dengan kuesioner dan diolah dengan menggunakan skala Likert didapatkan rata-rata 86%. Responden menyatakan sangat setuju untuk aspek Usefullness, Ease of Use, Ease of Learning dan Satisfication. Berdasarkan pengujian skala likert, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem ini dapat membantu penguji dalam mempercepat pengolahan nilai hasil pengujian dan memberikan alternatif peserta yang lulus seleksi anggota Paduan Suara Mahasiswa Politeknik Caltex Riau.

Author Biographies

Agytsdita Christie Mariana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Rika Perdana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Nuzulita, Nania., Hidayat, Nurul, . Implementasi Metode Fuzzy AHP Untuk Rekomendasi Seleksi Penerimaan Anggota Paduan Suara (Studi Kasus Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya), www. filkom.ub.ac.id, (2014). (Sumber Internet)

Maulana, Much. Rifqi, “Penilaian Kinerja Karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted” Jurnal Ilmiah ICTech Vol.x No 1 Januari 2012. (jnrnal)

Valensia, Verina. “Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting”. Jurnal Politeknik Caltex Riau. Vol 1 September 2012. (jnrnal)

Jayanti, Sherly., Hartati, Sri. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota Paduan Suara Dewasa Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. www.journal.ugm.ac.id, (2012). (Sumber Internet)

Saleh, Alfa. dkk. Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) dalam Menentukan Kualitas Kulit Ular untuk Kerajinan Tangan (Studi Kasus: Asia Exotica Medan). STMIK Potensi Utama. riset.potensi-utama.ac.id, (2014). (Sumber Internet)

Kusumadewi, Sri. Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu. (Buku)

Published

2017-01-29

Issue

Section

Artikel