Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Pelanggan Distribution Center Rumbai PT CNI Indonesia
Abstract
Distribution Center (DC) 675 cabang Rumbai adalah salah satu pusat distribusi produk MLM CNI. Proses bisnis yang sedang berjalan pada Distribution Center (DC) CNIRumbai masih bersifat konvensional seperti proses pendaftaran member masih dilakukan manual dengan mengisi portfolio dalam bentuk dokumen. Pemesanan yang dilakukan dengan langsung datang ke DC. Adanya perkembangan teknologi saat ini, maka DC dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada member sehingga terjalin hubungan yang baik antara DC dan member. Salah satunyadengan memanfaatkan teknologi aplikasi mobile. Aplikasi mobile yang dibangundengan mengimplementasikan konsep Costumer Relationship Management(CRM) dengan model VCA (Value Chain Analysis) . Fitur pelayanan yang dibangun pada aplikasi mobile yaitu pendaftaran, pemesanan hingga forum . Pengujian dilakukan dengan menggunakan ISO 9126-2 terhadap fungsi sistem. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh hasil persentase sebesar 100% yang berarti sistem telah berkualitas baik dari hal kesesuaian pengembangan dengan perancangan awal. Berdasarkan pengujian kuisioner yang telah dilakukan, diperoleh persentase skala likert sebesar 83.44% terhadap member, dan 83.97% terhadap non-member. Persentase ini menunjukkan bahwa responden baik member maupun non-member sangat setuju terhadap manfaat aplikasi yang telah dibangun.Kata Kunci: Multi level Marketing, Distribution Center, CRM, Value Chain, Java MySqlReferences
Alhaar, Nurul Safina (2011). “Analisis dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) Pada PT PAM Lyonnaise Jayaâ€.
Dyantina, Ovi., Afrina, Mira., Ibrahim, Ali. (2012). “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN)â€. Palembang: Universitas Sriwijaya
Sucia Putri, Heni (2013). Customer Relationship Management pada Klinik Kesehatan (Studi kasus: Klinik Rumbai Sehat) : Politeknik Caltex Riau
Susanti, susy (2015). Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (CRM) di Dunia Pendidikan Menggunakan Zachman Framework : Politeknik Caltex Riau
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.