Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Pelanggan Distribution Center Rumbai PT CNI Indonesia

Authors

  • Fariyani Fariyani Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Distribution Center (DC)  675 cabang Rumbai adalah salah satu pusat distribusi produk MLM CNI. Proses bisnis yang sedang berjalan pada Distribution Center (DC) CNIRumbai masih bersifat konvensional seperti proses pendaftaran member masih dilakukan manual dengan mengisi portfolio dalam bentuk dokumen. Pemesanan yang dilakukan dengan langsung datang ke DC. Adanya perkembangan teknologi saat ini, maka DC dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada member sehingga terjalin hubungan yang baik antara DC dan member. Salah satunyadengan memanfaatkan teknologi aplikasi mobile. Aplikasi mobile yang dibangundengan mengimplementasikan konsep Costumer Relationship Management(CRM) dengan model VCA (Value Chain Analysis) . Fitur pelayanan yang dibangun pada aplikasi mobile yaitu pendaftaran, pemesanan hingga forum .  Pengujian dilakukan dengan menggunakan ISO 9126-2 terhadap fungsi sistem. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh hasil persentase sebesar 100% yang berarti sistem telah berkualitas baik dari hal kesesuaian pengembangan dengan perancangan awal. Berdasarkan pengujian kuisioner yang telah dilakukan, diperoleh persentase skala likert sebesar 83.44% terhadap member, dan 83.97% terhadap non-member. Persentase ini menunjukkan bahwa responden baik member maupun non-member sangat setuju terhadap manfaat aplikasi yang telah dibangun.Kata Kunci: Multi level Marketing, Distribution Center, CRM, Value Chain, Java MySql

Author Biographies

Fariyani Fariyani, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Inftormasi

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Alhaar, Nurul Safina (2011). “Analisis dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) Pada PT PAM Lyonnaise Jayaâ€.

Dyantina, Ovi., Afrina, Mira., Ibrahim, Ali. (2012). “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN)â€. Palembang: Universitas Sriwijaya

Sucia Putri, Heni (2013). Customer Relationship Management pada Klinik Kesehatan (Studi kasus: Klinik Rumbai Sehat) : Politeknik Caltex Riau

Susanti, susy (2015). Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (CRM) di Dunia Pendidikan Menggunakan Zachman Framework : Politeknik Caltex Riau

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel