Simulasi Permainan Bonang dan Gong Jawa Menggunakan Alat Pendeteksi Gerak
Abstract
Alat musik Gamelan Jawamerupakansuatupeninggalankebudayaan Indonesia yang sangat perlu untuk dilestarikan. Alat-alat musik pada gamelan terdiri dari saron, bonang, demung, gong, kempyang, kendang, dan kempul. Keterbatasan masyarakat untuk mengakses alat musik tersebut mempengaruhi pengetahuan masyarakat terhadap gamelan. Dengan menggunakan perangkat pendeteksi gerak Leap Motion, pengguna dapat memainkan gamelan khususnya bonang dan gong menggunakan perangkat komputer. Perangkat tersebut dapat mendeteksi tangan sehingga pengguna dapat memainkan gamelan sesuai dengan cara bermain alat musik sebenarnya. Simulasi ini dibangun menggunakan perangkat lunak Blender, Unity, dan Leap Motion Core Asset sebagai Library untuk menghubungkan perangkat dengan Unity. Berdasarkan hasil survei, simulasi permainan bonang dan gong jawa menggunakan alat pendeteksi gerak dapat menampilkan bentuk dan suara bonang dan gong sesuai dengan aslinya oleh 80% pengguna serta dapat dijadikan sebagai alternatif permainan bonang dan gong jawa dengan penilaian yang baik sebanyak 72%.References
Anshori, F. (2014). Aplikasi “AR-Gamelan†Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Gamelan Jawa Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Mobile Android. Jurnal Skripsi.
Blain, J. M. (2011). An Introduction to Blender 3D. Europe: Blender Foundation.
Djati, B. S. (2007). Simulasi Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Andi.
Guna, J. (2014). An Analysis of the Precision and Reliability of the Leap Motion Sensor and Its Suitability for Static and Dynamic Tracking. Sensors.
InfoKomputer. (2013). Review Blender. Retrieved from InfoKomputer Online: http://www.infokomputer.com/2013/05/berita/blender/
Leap Motion. (2015). Skeletal Tracking. Retrieved from Leap Motion Developers: http://www.developer.leapmotion.com
Padmasari, A. C. (2014). 3- Dimensional Virtualclassroom for Journey Based on Hand Gesture Understanding using Leap Motion Controller. Jurnal Skripsi.
Perdana, A. Y. (2014). Implementasi Pembelajaran Alat Musik Tradisional (Talempong) dengan Pendeteksi Gerak. Jurnal Skripsi.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Penerbit Informatika.
Setiawan, E. (2015). Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online: http://kbbi.web.id
Silva, E. S. (2014). A Preliminary Evaluation of the Leap Motion Sensor as Controller of New Digital Musikal Instruments.
Stimulant. (2014). Depth Sensor Shootout. Retrieved from Stimulab: http://stimulant.com/depth-sensor-shootout/
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumirat, P. A. (2014). Aplikasi Alat Musik Gamelan Jawa Pada Perangkat Android. Jurnal Skripsi.
Tim Balitbang Jateng. (2006). PENELITIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN APRESIASI.
Wisnusubroto, S. (2001). Sri Lestari An Introduction to Gamelan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Yuwono, Y. (2013). Prototype Penggunaan Kinect Untuk Aplikasi Pembelajaran Nada. Jurnal Skripsi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.