Simulasi Permainan Bonang dan Gong Jawa Menggunakan Alat Pendeteksi Gerak

Authors

  • Andika Priyatna Politeknik Caltex Riau
  • Sugeng Purwantoro Politeknik Caltex Riau
  • Wenda Novayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Alat musik Gamelan Jawamerupakansuatupeninggalankebudayaan Indonesia yang sangat perlu untuk dilestarikan. Alat-alat musik pada gamelan terdiri dari saron, bonang, demung, gong, kempyang, kendang, dan kempul. Keterbatasan masyarakat untuk mengakses alat musik tersebut mempengaruhi pengetahuan masyarakat terhadap gamelan. Dengan menggunakan perangkat pendeteksi gerak Leap Motion, pengguna dapat memainkan gamelan khususnya bonang dan gong menggunakan perangkat komputer. Perangkat tersebut dapat mendeteksi tangan sehingga pengguna dapat memainkan gamelan sesuai dengan cara bermain alat musik sebenarnya. Simulasi ini dibangun menggunakan perangkat lunak Blender, Unity, dan Leap Motion Core Asset sebagai Library untuk menghubungkan perangkat dengan Unity. Berdasarkan hasil survei, simulasi permainan bonang dan gong jawa menggunakan alat pendeteksi gerak dapat menampilkan bentuk dan suara bonang dan gong sesuai dengan aslinya oleh 80% pengguna serta dapat dijadikan sebagai alternatif permainan bonang dan gong jawa dengan penilaian yang baik sebanyak 72%.

Author Biographies

Andika Priyatna, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Sugeng Purwantoro, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Wenda Novayani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Anshori, F. (2014). Aplikasi “AR-Gamelan†Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Gamelan Jawa Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Mobile Android. Jurnal Skripsi.

Blain, J. M. (2011). An Introduction to Blender 3D. Europe: Blender Foundation.

Djati, B. S. (2007). Simulasi Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Andi.

Guna, J. (2014). An Analysis of the Precision and Reliability of the Leap Motion Sensor and Its Suitability for Static and Dynamic Tracking. Sensors.

InfoKomputer. (2013). Review Blender. Retrieved from InfoKomputer Online: http://www.infokomputer.com/2013/05/berita/blender/

Leap Motion. (2015). Skeletal Tracking. Retrieved from Leap Motion Developers: http://www.developer.leapmotion.com

Padmasari, A. C. (2014). 3- Dimensional Virtualclassroom for Journey Based on Hand Gesture Understanding using Leap Motion Controller. Jurnal Skripsi.

Perdana, A. Y. (2014). Implementasi Pembelajaran Alat Musik Tradisional (Talempong) dengan Pendeteksi Gerak. Jurnal Skripsi.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Penerbit Informatika.

Setiawan, E. (2015). Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online: http://kbbi.web.id

Silva, E. S. (2014). A Preliminary Evaluation of the Leap Motion Sensor as Controller of New Digital Musikal Instruments.

Stimulant. (2014). Depth Sensor Shootout. Retrieved from Stimulab: http://stimulant.com/depth-sensor-shootout/

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumirat, P. A. (2014). Aplikasi Alat Musik Gamelan Jawa Pada Perangkat Android. Jurnal Skripsi.

Tim Balitbang Jateng. (2006). PENELITIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN APRESIASI.

Wisnusubroto, S. (2001). Sri Lestari An Introduction to Gamelan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yuwono, Y. (2013). Prototype Penggunaan Kinect Untuk Aplikasi Pembelajaran Nada. Jurnal Skripsi.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel