Perancangan Website Sebagai Media Survei Untuk Kualitas Video

Authors

  • Emanuel Efrat Politeknik Caltex Riau
  • Yoanda Alim Syahbana Politeknik Caltex Riau
  • Heni Rachmawati Politeknik Caltex Riau

Abstract

Dalam dunia teknologi sebuah website lebih dikenal sebagai salah satu alat komunikasi dan informasi.Website juga sering dijadikan sebagai sarana media untuk penelitian. Seiring berkembangnya dunia telekomunikasi, banyak yang menggunakan website untuk menciptakan suatu produk yang dapat mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini media survei adalah salah satu contoh sarana yang sangat bagus apabila diterapkan dengan menggunakan website, sehingga responden tidak perlu repot untuk mencari data atau informasi secara manual. Dengan adanya survei yang berbasis website, responden tidak perlu lagi menggunakan alat hitung manual, kertas, dan alat tulis. Penelitian ini akan menggunakan website sebagai media survei. Obyek yang akan disurvei adalah kualitas video dengan metode Absolute Category Rating (ACR). Dengan metode ACR ini penulis dapat melakukan survei secara subjektif kepada responden. Kualitas video yang akan disurvei hanya untuk format videoAudio Video Interleaved (AVI). Website ini akan melakukan tanya jawab terhadap responden yang akan menggunakannya, lalu responden akan diinstruksikan untuk melakukan latihan atau training session, setelah melakukan latihan responden masukĀ  ke actual session untuk menonton video.

Author Biographies

Emanuel Efrat, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Yoanda Alim Syahbana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Heni Rachmawati, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Tobias, H.,(2014). Survey of Web based Crowdsourcing Frameworks for Subjective Quality Assessment.2014.

Alan,C., Seshadrinathan,K.(2011).Temporal Hysteresis Model Of Time Varying Subjective Video Quality.IEE Transactions On Broadcasting, Vol.57, No.1,March 2011

Sakic, K., Dumic, E., Grgic, S.2014. Crowdsourced Subjective Video Quality Assessment.International Conference on Systems, Signals and Image Processing, 12-15 May 2014, Dubrovnik, Croatia.

Arbie, M. 2004. Perancangan Sistem Pendaftaran Ulang Mahasiswa. Diambil pada Januari 06, 2015, dari E-Book Journal Stikom Yogyakarta.

Oktavian. 2010. Sistem Pengolahan Data Karyawan Menggunakan Website. Diambil pada Januari 19, 2015, dari E-Book Journal Stikom Jakarta.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel