Rancang Bangun Aplikasi Promosi Penjualan Rumah Dengan Memanfaatkan Leap Motion (Studi Kasus, “Taman Firdaus Hangtuahâ€)
Abstract
Promosi merupakan kegiatan pemasaran, penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap para konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Pada saat ini banyak developer perumahan yang menerapkan promosi untuk melakukan proses pemasaran perumahan. Developer perumahan masih menggunakan media promosi melalui brosur bergambar dan maket miniatur rumah. Dengan media promosi tersebut, pihak developer akan mengalami kesulitan menjelaskan informasi ruangan interior pada brosur dan maket miniatur rumah yang diberikan kepada pihak customer. Untuk itu dibuatlah aplikasi media promosi visualisasi 3D yang interaktif, salah satunya dengan memanfaatkan leap motion. Leap motion ini memanfaatkan penerapan markerless dan digunakan sebagai sensor penggerak suatu objek yang dapat menggantikan fungsi keyboard dan mouse. Aplikasi ini dapat dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai media pemasaran rumah, berdasarkan tipe rumah. Pengujian yang dilakukan adalah kuesioner terhadap responden untuk menjawab hasil dari customer sebagai media alternatif promosi membantu pemasaran perumahan hasilnya 81%, menarik minat customer dan interaktif hasilnya 86%, kualitas tampilan aplikasi 84% dan interaksi aplikasi simulasi visual 3D 82%.References
Priowirjanto, Dr. Ir. Gatot (2013). Materi Simulasi Digital. Jakarta: SEAMOLEC.
Wahyuni, Marisa (2015). Interview Mengenai Promosi Pada Perusahaan Taman Firdaus Pekanbaru: Taman Firdaus.
Purwanto, Eko (2014). Cerita di Balik Software 3D Blender. Bandung: BPPTIK Indonesia.
Rolliawati, Dwi (2013). Game Engine. Surabaya: Universitas Marotama Surabaya.
Leap Motion Inc, Get Started with Leap Motion SDK, 2012. Diambil 26 Juni 2015 dari https://developer.leapmotion.com/docs
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.