Rancang Bangun Aplikasi Promosi Penjualan Rumah Dengan Memanfaatkan Leap Motion (Studi Kasus, “Taman Firdaus Hangtuah”)

Authors

  • Ario Kresna Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau

Abstract

Promosi merupakan kegiatan pemasaran, penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap para konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Pada saat ini banyak developer perumahan yang menerapkan promosi untuk melakukan proses pemasaran perumahan. Developer perumahan masih menggunakan media promosi melalui brosur bergambar dan maket miniatur rumah. Dengan media promosi tersebut, pihak developer akan mengalami kesulitan menjelaskan informasi ruangan interior pada brosur dan maket miniatur rumah yang diberikan kepada pihak customer. Untuk itu dibuatlah aplikasi media promosi visualisasi 3D yang interaktif, salah satunya dengan memanfaatkan leap motion. Leap motion ini memanfaatkan penerapan markerless dan digunakan sebagai sensor penggerak suatu objek yang dapat menggantikan fungsi keyboard dan mouse. Aplikasi ini dapat dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai media pemasaran rumah, berdasarkan tipe rumah. Pengujian yang dilakukan adalah kuesioner terhadap responden untuk menjawab hasil dari customer sebagai media alternatif promosi membantu pemasaran perumahan hasilnya 81%, menarik minat customer dan interaktif hasilnya 86%, kualitas tampilan aplikasi 84% dan interaksi aplikasi simulasi visual 3D 82%.

Author Biographies

Ario Kresna, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Priowirjanto, Dr. Ir. Gatot (2013). Materi Simulasi Digital. Jakarta: SEAMOLEC.

Wahyuni, Marisa (2015). Interview Mengenai Promosi Pada Perusahaan Taman Firdaus Pekanbaru: Taman Firdaus.

Purwanto, Eko (2014). Cerita di Balik Software 3D Blender. Bandung: BPPTIK Indonesia.

Rolliawati, Dwi (2013). Game Engine. Surabaya: Universitas Marotama Surabaya.

Leap Motion Inc, Get Started with Leap Motion SDK, 2012. Diambil 26 Juni 2015 dari https://developer.leapmotion.com/docs

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel