Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Disleksia Menggunakan HTML 5

Authors

  • Marda Arauf Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau

Abstract

Disleksia merupakan sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Gangguan ini bukan bentuk dari ketidakmampuan fisik, seperti masalah penglihatan, tetapi mengarah pada otak yang salah mengolah dan memproses informasi yang sedang dibaca. Berdasarkan hasil wawancara di starkids school pekanbaru, dengan alat bantu media pembelajaran yang masih menggunakan buku ataupun alat bantu lainnya sangat tidak efektif dalam hal biaya. Proyek akhir ini bertujuan untuk menyediakan alternatif media pembelajaran interaktif berbasis website, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Teknologi HTML 5 diterapkan dalam membantu anak disleksia memahami melalui media audio dan video dalam mengikuti perintah. Dengan menyisipkan elemen drag and drop sebagai latihan matching dan canvas sebagai media menulis. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, rata-rata diperoleh sebesar 97,8% dapat dikatakan aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak disleksia menggunakan HTML 5 sangat baik.Kata kunci:disleksia, HTML5, media interaktif

Author Biographies

Marda Arauf, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sitem Informasi

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Akbar, Ramdani (2015). Aplikasi Pelatihan Kemampuan Dasar Untuk Anak Disleksia Berbasis Android. Jurusan Teknik Informatika. Universitas Komputer Indonesia. Bandung

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel