Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Dengan Menerapkan Model Payne Customer Relationship Management
Abstract
Pendaftaran murid baru di SMA Handayani menurun dalam kurun waktu 3 tahun belakangan dari tahun 2015 yang dikarenakan tingkat kepuasan pelayanan jasa menurun. Penurunan kepuasan ini di ketahui dari hasil wawancara dengan sampel 32 orang. Untuk menangani permasalahan ini maka dibutuhkan analisa strategi bisnis dengan penerapan konsep Customer Relationship Management (CRM). Salah satu model CRM yaitu model Payne mampu menjawab permasalahan diatas, karena model ini bisa mengindentifikasikan kebutuhan-kebutuhan suatu organisasi dengan mempertimbangkan loyalitas pelanggan.Untuk menunjang hasil analisa identifikasi kebutuhan maka digunakan juga analisis SWOT, jadi diketahui penerapan IT dapat menjawab permasalahan tersebut. Oleh karena itu dibuatlah Sistem Informasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.Setelah dilakukan pengujian 2 kali berdasarkan User Acceptance Test (UAT) diperoleh hasil bahwa sistem telah berkualitas baik sesuai dengan harapan pengguna.Kata Kunci : Customer Relationship Management, Model Payne, Sistem Informasi. PHP, MySQL, User Acceptance Test (UAT).References
Buttle, Francis. (2009). Customer Relationship Management Concepts and Technologies. United Kingdom: Butterworth-Heinemann.
Setiawan, Eman.(2013). Implementasi Customer Relationship Management Pada Perguruan Tinggi Berbasis SMS Gateway. Surabaya : Universitas Narotama.
Cahyono, Nuri.(2013). Analisis dan Perancangan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Web pada Universitas Gunungkidul. Yogyakarta : Universitas Gunungkidul.
Aybund, Victor. (2014). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Customer Relationship Management Pada Sekolah Menegah Kejuruan (Studi Kasus: Tunas Karya Pekanbaru). Proyek Akhir pada Politeknik Caltex Riau.
Artikel Siana.(t.t). Sistem Informasi Diambil tanggal 10 Januari 2015 dari http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri fungsi.html?m=1#.
Payne,Adrianne., Frow, Pennie (2006). Customer Relationship Management : From Strategy To Implementation. UK : Cranfield School of Management
Solichin, Achmad. (2009). Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta : Universitas Budi Luhur.
Wikipedia. Analisis SWOT Diambil pada tanggal 15 Februari 2016 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT .
Techopedia. User Acceptnce Testing (UAT) Diambil pada tanggal 03 Maret 2016 dari https://www.techopedia.com/definition/3887/user-acceptance-testing-uat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.