Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Zachman Framework (Studi Kasus : Klinik dr. Misbah)

Authors

  • Ridwan Efrata Barus Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau
  • Yohana Dewi Lulu Widyasari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sistem pelayanan pada bidang kesehatan  sangat berpengaruh dalam  memberikan layanan kesehatan  maupun informasi terhadap pasien. Klinik dr. Misbah-RMC merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan masyarakat. Seiring meningkatnya perkembangan teknologi di bidang kesehatan, maka dibutuhkan suatu sistem aplikasi untuk mempercepat dan mempermudah pihak Klinik dr. Misbah-RMC dalam menyampaikan informasi mengenai Klinik dr. Misbah, yang dapat di akses pasien tanpa terbatas ruang dan waktu. Oleh karena itu proyek akhir ini bertujuan memberikan informasi dengan meningkatkan kualitas Klinik dr. Misbah-RMC dengan memfasilitasi program website, sehingga dapat mendukung dalam pengembangan pelayanan Klinik dr. Misbah-RMC. Dengan dibangunnya Layanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik dr. Misbah-RMC Rumbai, diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini berbasis Web, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP 5, MySQL.Kata kunci :CRM, Klinik dr. Misbah dan Zachman Framework

Author Biographies

Ridwan Efrata Barus, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Yohana Dewi Lulu Widyasari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Baran, Roger Joseph, dkk (2008). Customer Relationship Management. United States: South-Western.

Buttle, F. (2009). Customer Relationship Management Concepts and Technologies (2nd ed.). United Kingdom: Elsevier Ltd.

Christianti, M., & Imbar, R. V. (2007). Pemodelan Enterprise ArchitectureZachman Framework pada Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha

Christianti, M., & Try, F. D. (2009). Pemodelan Sistem Informasi pada CV Cihanjuang Inti Teknik dengan Menggunakan Zachman Framework. Sistem Informasi , 49-60.

Minoli, D. (2008). Enterprise Architecture A to Z. United States: Taylor & Francis Group.

Karnila, Sri. (2013). Pemodelan Customer Relationship Management (CRM) dalam Pengelolaan Lowongan Pekerjaan Bagi Perguruan Tinggi dengan Framework Zachman. Fakultas Ilmu Komputer. Diambil 7 Januari 2015.

Setiawan, E. B. (2009). EA Framework. SNATI , 114-119

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel