Rancang Bangun Aplikasi Crm Tour Dan Travel Berbasis Web Menggunakan Model Payne (Studi Kasus: Pt. Warasula Tour Dan Travel Pekanbaru)
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Permasalahan yang dihadapi pada PT. Warasula tour dan travel adalah kesulitan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai paket tour dan proses pemesanan paket yang masih dilakukan secara manual. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi dan konsep pemasaran yang ada yaitu dengan aplikasi customer relationship management (CRM) berbasis web. Aplikasi CRM ini menggunakan metode analisis model Payne. Model analisis Payne yang digunakan adalah Strategy Development Process, Value Creation Process, Multi Channel Integration Process, Information Management Process, dan Performance Assessment Process. Penelitian ini menghasilkan aplikasi customer relationship management (CRM) berbasis Web yang dapat digunakan PT. Warasula Tour dan Travel Pekanbaru untuk mempromosikan paket tour, menjual paket tour, dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner dari tiga kategori yaitu usability, information qualitydan service interaction  pada pelanggan PT Warasula tour dan travel didapatkan hasil tertinggi dari kategori information quality dengan persentase sebesar 86% dengan pernyataan bahwa website memberikan kemudahan bagi customer dalam memperoleh informasi yang lebih cepat.Kata kunci : Customer Relationship Management, Model Payne, PT.Warasula Tour dan TravelReferences
Armstrong, Gary, Kotler, Philip.(2007). Marketing : an introduction. 8th edition. Pearson Education.
Payne, A. 2000. Strategic Framework for Customer Relationship Management, A BT CRM White Paper.
Yusuf., Rancang Bangun Pengembangan aplikasi CRM berbasis web pada PT. Crystal Laju Wisata (Studi Kasus: PT Chevron Pacific Indonesia), Sistem Informasi, Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, 2014.
Peelen, Ed.(2005). Customer Relationship Management. Prentice-Hall,England.
Bradshaw, D, and Brash, C. (2001). Management customer relationships in the e-business world†howto personalise computer relationships for increased profitability, International Journal of Retail &Distribution Management.
Hendra.(2009). Implementasi Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Informasi Perhotelan. Proyek Akhir pada Binus University.
Kalakota, Ravi, Dr. Marcia Robinson. (2001). E-Business 2.0 : Roadmap for success.Addison-Wesley, New Jersey.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.