Customer Relationship Management dalam Rancang Bangun E-Commerce pada Butik Ezpresso Pekanbaru

Authors

  • Rohadatul Aisy Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau

Abstract

Butik Ezpresso merupakan butik yang berdiri sejak tahun 2009 yang beralamat di dalam Mall Ciputra Seraya Pekanbaru tepatnya di lantai 2. Butik ini menjual berbagai macam busana wanita seperti dress, blouse, cardigan, longdress ,jacket, dan assesories. Semua produk  di impor dari Korea, Jepang dan China. Selama ini proses pelayanan dan penjualan pada Butik Ezpresso ini berjalan sangat manual sehingga pihak Butik Ezpresso mengalami kesulitan untuk mengetahui informasi tentang kebutuhan dan keluhan pelanggan. Dilatarbelakangi masalah di atas, dilakukan penerapan Customer Relationship Management dalam Rancang Bangun E-commerce pada Butik Ezpresso Pekanbaru yang mana dapat menjadi solusi permasalahan. E-Commerce ini berbentuk website yang dapat melakukan penjualan dengan cara online. Jenis  E-Commerce pada proyek ini adalah Business-to-Customer(B2C) dan Business-to-Business(B2B) dengan fitur tambahan yaitu Chatting. Oleh karena itu, hasil pengujian kepada pelanggan butik di dapatkan kesimpulan bahwa 85% website ini dapat membantu meningkatkan penjualan dengan adanya fitur chatting dan broadcast email untuk mempertahankan pelanggan.Kata kunci :Relationship Management, E-Commerce, Business-to-Customer (B2C), Business-to-Business(B2B), Chatting, Broadcast Email.

Author Biographies

Rohadatul Aisy, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Anggelina, D. (2006). Analisan dan Perancangan Sistem Aplikasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web Studi Kasus PT. Fajar Buana International. Skripsi Sarjana Ilmu Sistem Informasi: Universitas Bina Nusantara.

Wuragil, Astri. (2014). RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM E-COMMERCE BUTIK GRIYA GAYA. Skripsi Pascasarjana Ilmu Teknik Informatika: STMIK AMIKOM.

Yenty, Y. d. (2014). Aplikasi Customer Relationship Management pada H2O Boutique. Skripsi Sarjana Ilmu Teknik Informatika: Universitas Kristen Petra.

Rahayu, S. (2007). Seputar Pengertian E-commerce.

Mahesa. (2009). Business-to-Business dan Business-to-Customer.

Damanik, E. (2011). Pengertian Customer Relationship Management

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel