Rancang Bangun Analytical Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode K-Means Untuk Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus: D’Laundrie)
Abstract
Pelayanan jasa laundry merupakan sebuah bisnis yang berkaitan dengan jasa pencucian pakaian. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang laundry di Pekanbaru adalah D’laundrie. Perusahaan ini menangani data penjualan dan data pelanggan yang disimpan pada sebuah sistem, D’laundrie mempunyai data yang banyak tetapi belum bisa mengetahui mana pelanggan yang sangat loyal, loyal, dan tidak loyal. Dalam melakukan segmentasi pelanggan digunakanlah teknik data mining dengan menerapkan metode k-Means untuk menentukan cluster segmentasi. Berdasarkan segmentasi tersebut ditampilkan dalam bentuk visualisasi. Dari visualisasi tersebut di lakukan analytical CRM untuk menentukan strategi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan maka diterapkan perspektif collaborative berupa website dan menerapkan SMS-Gateway dalam mendukung perspektif operational untuk mempertahankan pelanggan. Dilakukan beberapa pengujian, yaitu white box dengan nilai complexity 21 yang mengatakan sistem ini termasuk lebih kompleks, dan risiko sedang. UAT dilakukan kepada pihak d’laundrie dengan 13 butir pengujian telah diterima oleh user sehingga persentase penerimaan fitur sistem adalah 100%. Untuk kuesioner dapat dilihat dari lima pernyataan kuesioner yang telah diisi oleh 24 orang pelanggan adalah 87.2%, dimana hasil tersebut menunjukkan pelanggan memberikan respon yang positif terhadap sistem d’laundrie.Kata Kunci: Segmentasi Pelanggan, CRM, k-Means, Analytical CRM, Visualisasi.References
Budidoyo, Agung. (2010). Sms Gateway Overview. Diambil 15 November 2013 dari http://www.slideshare.net/ABYSlides/sms-gateway-4649245
Zhao, Ying (t.t). Learning User Keystroke Patterns for Authentication
Watson, Arthur H & McCabe, Thomas J. (tt). Structured Testing: A Testing Methodology Using the Cyclomatic Complexity Metric.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.