Identifikasi Kinerja Perusahaan Berdasarkan Laporan Keuangan Menggunakan Algoritma K-NN

Authors

  • Audia Nurul Asyfa Politeknik Caltex Riau
  • Dini Nurmalasari Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam melakukan proses hitung laporan keuangan yang sejauh ini dilakukan secara manual sehingga tidak jarang terjadinya human error dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya maka dibangunlah sebuah sistem yang mampu melakukan ekstraksi laporan keuangan secara otomatis dan cepat, serta mampu mengidentifikasi kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan. Penelitian ini dibangun dengan menggunakan teknologi Information Retrieval yang membantu melakukan ekstrasi fileĀ  laporan keuangan secara otomatis dan cepat serta Algoritma K-NN yang membantu proses identifikasi kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, sistem mampu melakukan ekstraksi file laporan keuangan secara otomatis serta mampu melakukan identifikasi kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan kedalam 2 klasifikasi, yaitu perusahaan sehat dan perusahaan tidak sehat dengan akurasi sebesar 85%.

Author Biographies

Audia Nurul Asyfa, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Dini Nurmalasari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Goker, A., Davies, J. (2009). Information Retrieval : Searching In The 21 Century. A John Wiley and Sons, Ltd. United Kingdom

Helmi. (2013). Algoritma k-Nearest Neighbor dalam klasifikasi data hasil produksi kelapa sawit pada PT. Minamas Kecamatan Parindu.

Ikhsanuddin, Rohmatulloh Muhammad. (2014). Identifikasi Citra pada Plat Nomor Kendaraan Mobil Pribadi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour.

Junita, Silvi, Khairani, Siti. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Analisia Rasio Keuangan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kusumadiyanto, Andra. (2006). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada Kelompok Industri Rokok.

Munawir. (2002). Analisa Laporan Keuangan, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta : Liberty.

Sidik, Betha. (2006). Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika.

Sutrisno. (2009). Manajemen Laporan Keuangan, Cetakan Ketujuah Ekoisia. Yogyakarta.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel