Perancangan Aplikasi Pembaca Teks Menjadi Suara Menggunakan Kamera

Authors

  • Ibnu Azhar Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Informasi sangat dibutuhkan, baik untuk hiburan, edukasi, pengetahuan, dan berita terkini. Perkembangan teknologi telah banyak mempengaruhi cara manusia menikmati informasi. Saat ini hampir semua orang menikmati informasi melalui media elektronik, namun tidak sedikit juga yang masih menikmati media cetak. Cara memperoleh informasi yang disediakan oleh media-media tersebut, dilakukan dengan membaca. Tingkat konsentrasi dan kejenuhan setiap orang dalam membaca berbeda. Banyaknya jumlah bacaan juga mempengaruhi tingkat kejenuhan seseorang. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu membantu pengguna untuk membaca. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi teks dan merubah keluarannya menjadi suara. Pengguna cukup meletakkan sumber tulisan di depan kamera. Kamera akan mendeteksi teks dari sumber tulisan, kemudian program akan mengidentifikasi teks, baik berupa kata atau kalimat.  Teknik yang digunakan adalah OCR (Optical Character Recognition) dan proses pendeteksian teks menggunakan library Tesseract OCR. Sistem akan mengubah hasil identifikasi ke dalam bentuk tulisan digital. Hasil pengenalan karakter tersebut merupakan kata yang akan dibacakan oleh sistem. Untuk hasil optimal diperlukan cahaya terang dan resolusi kamera tinggi. Hasil terbaik sistem dalam mendeteksi terjadi pada jarak 10 cm, kondisi cahaya terang, dan menggunakan kamera 13 MP dengan rata-rata mencapai 97,48%. Proyek akhir ini dapat memberikan alternatif lain pada aktifitas membaca dari visual menjadi audio.

Author Biographies

Ibnu Azhar, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Warnia Nengsih, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Arbie, Sudibyo P. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Text to Speech Bahasa Indonesia. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Gonzales, R.C., dkk. (2008). Digital Image Processing 3rd edition. United States of America : Prentice Hall.

Davis, Gordon B. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I. Pengantar (Cetakan kedua belas)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil pada tanggal 27 Maret 2015 dari http://kbbi.web.id/baca

Munir, Rinaldi. (2004). Pengolahan Citra Digital. Jakarta: Penerbit Informatika.

Murni, Aniati. (1992). Pengantar Pengolahan Citra. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Ossy D.E.W., Zaini, T.M., dan Frizka. (2013). Penerapan Optical Character Recognation pada Penterjemah Inggris Indonesia Mobile Berbasis Augmented Reality. Lampung: Universitas Lampung.

Pearson, Don. (1991). Image Processing. Singapore: McGraw Hill Book.

Putra, Jaka.(2014) Implementasi Histogram Equalization Untuk Perbaikan Noise Pada Citra Digital. Medan: STMIK Budidarma Medan

Smith, Ray. (2007). An Overview of the Tesseract OCR Engine. Proc. Ninth Int. Conference on Document Analysis and Recognition (ICDAR), IEEE Computer Society.

Tritoasmoro, Iwan Iwut. (2006). Text-To-Speech Bahasa Indonesia Menggunakan Concatenation Synthesizer Berbasis Fonem. Seminar Nasional Sistem dan Informatika 2006, Bali.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel