Sistem Pengelompokan E-Journal Berdasarkan Abstrak Menggunakan Text Mining dan K-Means Clustering

Authors

  • Laurensia Tanjaya Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau
  • Dini Nurmalasari Politeknik Caltex Riau

Abstract

PCR Journal merupakan media untuk publikasi tulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang berkaitan dengan berbagai aspek yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Politeknik Caltex Riau. Berdasarkan wawancara dengan pengelola PCR Journal jumlah e-journal per kategori masih terlalu banyak dan terlalu umum. Oleh karena itu diperlukan sistem yang dapat membantu pengelompokan e-journal ke dalam kategori yang lebih spesifik. Ilmu yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem tersebut adalah text mining dan clustering. Dengan menggunakan konsep text mining dan clustering dapat dibangun sebuah sistem untuk mengelola pengelompokan e-journal yang terdapat dalam PCR Journal. Sistem ini dapat mengelompokkan e-journal tersebut menjadi kategori yang lebih spesifik berdasarkan abstrak.

Author Biographies

Laurensia Tanjaya, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik informatika

Dini Nurmalasari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Dewi, Marsita. (t.t.). Pembuatan Situs Web Almamater Perguruan Tinggi Menggunakan PHP dan MySQL. Jawa Tengah.

Ernie, Kurniawan dkk. (t.t). Penerapan Algoritma K-Means untuk Clustering Dokumen E-jurnal STMIK GI MDP. STMIK Global Informatika MDP. Palembang.

Feldman, Ronen., dan James Sanger. (2007). The Text Mining Handbook Advanced Approaches in Analyzing Unstructured Data. Cambridge University Press. New York.

Firmansyah, Dimas Ricky. (2013). Implementasi Text Mining Klasifikasi Objek Wisata Dengan Metode Naïve Bayes Classifier di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Skripsi Program Sarjana S1 Universitas Komputer Indonesia. Jawa Barat: Bandung

Halim, Yunus Abdul. (2012). Ebook dan Ejournal. Universitas Airlangga. Surabaya.

Han, Jiawei dan Kamber, Micheline. (2006). Data Mining : Concept and Techniques Second Edition, Morgan Kaufman Publishers.

Haryati, Puspi. (2012). Membangun Situs Web Sebagai Media Promosi, Informasi, dan Pemasaran Pada Toko Emilly Kosmetik Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jones, Susan L.., dan Christina B. Cook. (2000). “Electronics Journals : Are They Paradigm Shift?”. Diambil pada 15 Mei 2015, dari < http://www.nursingworld.org/ojin/topic11/tpc1_1>

Lama, Prabin. (2013). Clustering System Based On Text Mining Using The K-Means Algorithm. Turku University of Applied Sciences. Finlandia.

Nugroho, Yuda Septian. (t.t.). Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Triawati, Candra. (2009). Text Mining. Institut Teknologi Telkom. Jawa Barat: Bandung.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel