Permainan Animasi 3D Labirin Untuk Anak-anak menggunakan Leap Motion Dan Algoritma Greedy Berbasis Desktop

Authors

  • Muhammad Hafiz Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Erwin Setyo Nugroho Politeknik Caltex Riau

Abstract

Permainan labirin adalah permainan mencari sebuah pintu keluar atau titik tujuan dengan melewati banyak kemungkinan jalur-jalur berliku, sempit dan simpang-simpang yang membingungkan. Dalam menemukan sebuah titik tujuan terkadang pemain menggunakan persepsi mereka sendiri untuk memilih jalur tersingkat. Hal ini menjadi kendala sebab jalur yang dipilih belum tentu benar-benar jalur tercepat. Sehingga diperlukan informasi jalur tersingkat yang benar, ketika pemain salah memilih jalur. Algoritma greedy dengan logika memilih keputusan terbaik setiap langkahnya dapat dimanfaatkan dalam mencari jalur tersingkat. Agar memberikan cara bermain yang inovatif dan menarik, permainan ini memanfaatkan teknologi sensor gerak yaitu leap motion. dengan leap motion, pengguna dapat menggunakan gerakan tangan diatas sensor leap motion untuk bermain labirin. Berdasarkan hasil survei wawancara, permainan ini merupakan permainan yang interaktif, adanya manfaat edukatif dalam hal ketepatan mengambil keputusan, meningkatkan konsentrasi, kesabaran, daya juang dan motivasi serta memberikan pengalaman baru dalam bermain game.

Author Biographies

Muhammad Hafiz, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Erwin Setyo Nugroho, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Ekasari, Y. (2012). Merancang game petualangan binggo menggunakan unity 3D game engine.

Utama, I. C. Y. (2013). Aplikasi game route-puzzle (labirin) secara 3D ( dimensi ) menggunakan blender.

Putra, R. D. (2012). Pencarian rute terdekat pada labirin menggunakan metode A *.

Sirait, R. B. (2013). Perancangan aplikasi game labirin dengan menggunakan algoritma backtracing.

Padmasari, A. C. (2013). 3- Dimensional virtualclassroom for journey based on hand gesture understanding using leap motion controller.

Naen. (2014). Manfaat permainan maze. Diambil 03 Oktober 2015 dari http://naenma.com/manfaat-permainan-maze/

Leap Motion, Inc (n.d). API Overview. Diambil 01 Oktober 2015 dari https://developer.leapmotion.com/

Seputro, H. T. (2008). Analisis beberapa algoritma dalam menyelesaikan pencarian jalan terpendek.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel