Buku Elektronik Kisah Nabi Muhammad SAW Dilengkapi Metode Menghafal MNEMONIC Berbasis Android
Abstract
Buku elektronik memiliki beberapa kelebihan dibanding buku fisik, diantaranya lebih mudah dibawa dalam jumlah banyak, bisa dibaca didalam ruangan yang kurang cahaya bahkan dalam ruangan gelap, dan banyak lagi kelebihan lainnya. Namun, dari begitu banyak buku elektronik yang sudah ada saat ini, belum ada satupun yang menerapkan metode menghafal, sehingga banyak pembaca yang hanya membaca buku tanpa hafal secara rinci isi dari buku tersebut. Dalam mengatasi kesulitan dalam menghafal, maka dibuat beberapa metode untuk memudahkan dalam menghafal teori, angka, tanggal, dll. Salah satu metodenya adalah metode menghafal mnemonic. Setelah dilakukan pengujian aplikasi terhadap 27 orang pengguna, didapatkan hasil bahwa 40% pengguna metode mnemonic dengan teknik akronim, memiliki rata-rata nilai 85,35. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa teknik yang cocok adalah teknik akronim.References
Kamil, Ridwan. (2013). Mengapa Kita Menghafal ( Tahfiz ) Al-Qur'an.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung.
Annisa, D. (2016). Penerapan Strategi Belajar Mnemonic dan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPA Pokok Bahasan Panca Indra Kelas IV di SDN Glanggang 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Skripsi.
Herdiansyah, M. Y., & Afrianto, I. (2013). Pembangunan Aplikasi Bantu dalam Menghafal Al-Qur'an Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1-8.
Nurrahim, R. A., & Hidayat, D. (n.d.). Perancangan Metode Alternatif Belajar Cepat Membaca Al-Qur'an Melalui Pendekatan Metode Iqro'pada Mobile untuk Anak Usia 3-7 Tahun.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.