Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang untuk Siswa SD menggunakan Leap Motion
Abstract
Materi bangun ruang merupakan salah satu materi dalam pelajaran matematika yang memuat prinsip hitungan dan hafalan rumus, sehingga memerlukan pemahaman yang berlebih. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka penyampaian materi dapat digabungkan dengan teknologi komputer, salah satunya menggunakan teknologi Leap Motion. Aplikasi pembelajaran bangun ruang dibuat menggunakan aplikasi Unity 3D dan untuk objek, kerangka dan jaring-jaring bangun ruang dibuat menggunakan aplikasi Blender. Aplikasi pembelajaran dapat dikontrol menggunakan gerakan tangan yang terdeteksi oleh perangkat Leap Motion. Berdasarkan pengujian menggunakan Paired Sample t-Test, diperoleh bahwa nilai t hitung (-3.27) lebih kecil dari pada nilai t tabel (2.02) yang berarti nilai rata- rata siswa sebelum menggunakan aplikasi lebih rendah dibandingkan dengan nilai setelah menggunakan aplikasi. Hal ini mebuktikan bahwa aplikasi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap nilai siswa dalam memahami materi bangun ruang. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi siswa menjadi lebih mengerti tentang materi bangun ruang.References
Suharja, Agus, Drs,M,Pd. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Putra, Agung Pranata. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Pengenalan Bangun Ruang menggunakan Adobe Flash CS5 berbasis Android. Diambil pada 15 Juni 2015 dari : eprints.umk.ac.id/3162/
Padmasari, Ayung Candra. (2014). 3-Dimensional Virtualclassroom for Journey Based on Hand Gesture Understanding using Leap Motion Controller. Diambil pada 15 Juni 2015 dari : http://jurnal.upi.edu/file/024_Ayung_Candra2_UM_Malang_185-191.pdf
Satria, Hendra. (2014). Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Hewan. Diambil pada 29 November 2015.
Nainggolan, Farhan Luthfi. (2015). Anatomi Manusia Berdimensi Tiga menggunakan Leap Motion Controller. Diambil pada 29 November 2015.
Vertika, Tya Lolita. (2014). Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Planet. Diambil pada 29 November 2015.
Sagga-us. Diambil pada tanggal 29 Oktober 2015, pukul 10:09 dari : http://www.sagga-us.net/2015/08/pengertian-aplikasi-menurut-ahli.html
Fatih(tt). Diambil pada tanggal 29 Oktober 2015, pukul 10:15 dari : http://fatih-io.biz/pengertian-belajar-dan-pembelajaran-menurut-para-ahli.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.